Tips Sehat

Tujuh obat herbal yang bisa menurunkan kadar kolesterol, dijamin ampuh

Rabu, 11 Maret 2020 | 14:16 WIB Sumber: Kompas.com
Tujuh obat herbal yang bisa menurunkan kadar kolesterol, dijamin ampuh

ILUSTRASI. Penjualan bawang putih di pasar tradisional, Jakarta Selatan, Kamis (6/2). Harga bawang putih mulai merangkak naik. Terkait kondisi tersebut, pemerintah dipandang perlu mempertimbangkan opsi untuk diversifikasi pasar impor bawang putih. Pemerintah pun dis

KONTAN.CO.ID - Zaman boleh modern, namun sebagian orang tetap memilih bahan herbal untuk mengobati penyakit kolesterol. Berikut delapan obat herbal yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. 

Beberapa tanaman dinilai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ada yang sudah diteliti, tapi ada juga yang masih dalam tahap untuk memastikan khasiatnya.

Baca Juga: Temulawak ampuh cegah virus corona, benarkah?

Apa saja obat herbal kolesterol yang dinilai manjur? Agar tidak semakin penasaran, simak informasi mengenai beberapa tanaman ini, yang dianggap dapat digunakan sebagai obat herbal kolesterol. 

1. Bawang putih 

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangatlah beragam. Selain dapat membantu meredakan gejala berbagai penyakit, seperti pilek, tanaman yang satu ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Tentu, mengonsumsi masakan yang mengandung bawang putih tidak serta-merta akan menurunkan kadar kolesterol kita. Saat ini, masih terdapat perdebatan di antara para peneliti mengenai peran bawang putih sebagai obat herbal kolesterol. 

Sehingga, apabila ingin menggunakannya sebagai obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. 

2. Kedelai 

Kacang kedelai dan produk olahannya seperti tempe atau tahu, dianggap bisa sedikit membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sehingga, jangan ragu untuk menambahkannya dalam menu harian.

Meski begitu, perlu diingat juga cara mengolahnya dan jangan hanya mengandalkan makan tahu dan tempe sebagai obat herbal kolesterol. 

3. Akar manis 

Akar manis atau licorice root, dinilai berpotensi menjadi obat herbal kolesterol. Pasalnya, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. 

Hanya saja, belum banyak penelitian yang dilakukan secara klinis pada manusia. Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru