kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tubuh dalam masalah seperti ini bisa sebabkan sakit perut sebelah kanan


Sabtu, 31 Oktober 2020 / 05:00 WIB
Tubuh dalam masalah seperti ini bisa sebabkan sakit perut sebelah kanan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PRATAYANG SABTU. Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut sebelah kanan. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari masalah di liver, usus buntu, tuba falopi, ginjal, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui penyebab ini, diharap Anda mendapat pengobatan yang tepat.

Liver yang Bermasalah

Infeksi liver, kanker liver, atau penyakit liver lainnya bisa menyebabkan rasa sakit di perut bagian kanan. Biasanya, rasa sakit akan menjalar bagian atas. Health Grades (healthgrades.com) mengatakan bahwa ada gejala lain yang diakibatkan oleh liver bermasalah.

Misalnya, mual, penyakit kuning, urin yang keluar berwarna gelap, kaki bengkak dan memar. Anda juga perlu waspada saat berat badan Anda turun. Bisa jadi itulah tanda adanya penyakit liver yang sedang Anda derita.

Usus Buntu

Sakit perut sebelah kanan juga bisa disebabkan karena masalah pada usus buntu. Anda akan merasakan sakit di bagian tengah atau kanan perut, lalu menjalar ke perut bagian kanan bawah. Selain terasa sakit, perut Anda juga bisa bengkak. Tak hanya itu, gejala lain yang mungkin timbul adalah demam, mual, muntah, sembelit, atau diare.

Baca Juga: Anda merasa sakit perut bagian bawah? Ini penyebabnya

Penggumpalan Darah

Health Grades menyebutkan, Anda bisa mengalami sakit perut sebelah kanan karena darah yang menggumpal. Penggumpalan darah dimulai saat paru-paru mengalami infeksi.

Akhirnya, perut Anda terasa sangat sakit. Tanda lain dari kondisi kesehatan ini adalah Anda mengalami kesulitan untuk bernaps, batuk, dan batuk berdahak disertai dengan darah.

Sakit Ginjal

Sakit ginjal, seperti gagal ginjal atau batu ginjal, jadi penyebab sakit perut sebelah kanan lainnya yang perlu Anda waspadai. Kondisi ini menyebabkan perut Anda terasa seperti tertusuk. Tak hanya terasa di perut, sakit ginjal juga bisa menjalar hingga ke tulang rusuk dan selangkangan.

Baca Juga: Ini 3 penyebab kram perut dan cara mengatasinya

Selain menyebabkan sakit perut, sakit ginjal juga akan memberikan sensasi terbakar saat Anda kencing. Bagian tubuh di antara tulang rusuk dan pinggul juga akan terasa nyeri.

Saat Anda mengalami sakit perut sebelah kanan seperti yang telah disebutkan, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Hal itu dilakukan agar penyebab pastinya bisa diketahui sehingga Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.

Selanjutnya: Patut waspada, inilah 4 arti sakit perut sebelah kiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×