kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips Puasa untuk Ibu Hamil di Bulan Ramadhan Ini, Ada 8 Hal yang Bisa Dilakukan


Sabtu, 16 Maret 2024 / 08:55 WIB
Tips Puasa untuk Ibu Hamil di Bulan Ramadhan Ini, Ada 8 Hal yang Bisa Dilakukan
Tips Puasa untuk Ibu Hamil di Bulan Ramadhan Ini, Ada 8 Hal yang Bisa Dilakukan.


Penulis: Mega Putri

Tips Puasa untuk Ibu Hamil  - Ada 8 tips puasa untuk ibu hamil yang bisa direkomendasikan untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik di bulan Ramadhan dan tetap sehat. Ini tips puasa bagi ibu hamil yang aman di bulan Ramadhan.

Bagi ibu hamil yang ingin berpuasa, pastikan kesehatan ibu hamil dan janinnya baik dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau bidan di Puskesmas.

Melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan bagi ibu hamil tidak boleh berakibat membahayakan ibu hamil maupun janin. Ini karena ibu hamil diperbolehkan untuk tidak puasa.

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Sebaiknya ibu hamil puasa ketika sudah masuk trimester dua atau tiga agar aman. Ini karena kehamilan di trimester pertama biasanya ibu hamil masih sering mual, muntah dan lemas.  

Nah bagi ibu hamil yang cukup sehat dan siap berpuasa, ada banyak tips puasa lancar bagi ibu hamil di bulan Ramadhan ini yang bisa dilakukan dengan mudah.

Minum Cukup Air 2 Liter Tiap Hari

Tips puasa bagi ibu hamil yang pertama adalah minum cukup air. Pastikan ibu hamil minum cukup air minimal 2 liter setiap hari di bulan Ramadhan.

Minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari dengan dibagi saat waktu buka puasa, waktu malam sebelum tidur, dan waktu sahur agar ibu hamil tidak kekurangan cairan saat puasa.

Baca Juga: Sinopsis Drama Korea Queen of Tears & Link Download Subtitle Indonesia, Ini Jadwalnya

Batasi Makanan Terlalu Manis/Asam/Pedas

Tips puasa bagi ibu hamil yang kedua adalah membatasi makanan dengan rasa yang terlalu berlebihan. Jangan makan makanan yang terlalu manis, terlalu asam atau terlalu pedas.

Ini bisa menyebabkan asam lambung naik atau kadar gula darah naik yang menyebabkan sakit perut, pusing hingga gangguan pencernaan ibu hamil yang akan berpuasa dengan lancar di bulan Ramadhan.

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Hindari Kafein dari Kopi atau Teh

Selanjutnya untuk tips puasa bagi ibu hamil yaitu hindari mengonsumsi banyak kafein dari kopi atau teh sebelum memulai puasa.

Tips puasa bagi ibu hamil ini untuk menghindari dehidrasi karena terlalu sering ke toilet. Sebaiknya konsumsi lebih banyak air putih atau minuman yang sehat lainnya.

Minum Susu

Tips puasa bagi ibu hamil yang keempat yaitu tetap konsumsi susu khusus ibu hamil di bulan Ramadhan. Susu khusus ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin.

Jika sebelum Ramadhan ibu hamil biasa meminum susu pada pagi dan malam, maka ibu hamil yang puasa bisa mengubah jadwal minum susu pada saat buka puasa dan sahur atau malam sebelum tidur.

Baca Juga: 24 Jam Bersama Gaspar Akan Tayang Besok, Ini 5 Film Indonesia Terbaru Netflix Maret

Konsumsi Makan Gizi Seimbang

Saat berbuka puasa, makan sebelum tidur, dan sahur, pastikan ibu hamil makan dengan makanan gizi seimbang. Penuhi karbohidrat, lemak, protein, dan serat dengan baik.

Makan makanan dengan gizi seimbang juga bisa diimbangi dengan camilan buah yang mengandung banyak air dan sayuran yang menyehatkan tubuh untuk menjaga pencernaan ibu.

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Tetap Konsumsi Tablet Tambah Darah dan Vitamin

Tips puasa bagi ibu hamil yang satu ini jangan sampai ditinggalkan. Tetap konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) dan vitamin secara teratur yang diberikan oleh dokter atau bidan.

Tablet Tambah Darah dan vitamin penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil beserta janin saat puasa sekaligus untuk mempersiapkan kesehatan tubuh menjelang melahirkan.

Baca Juga: 9 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar untuk Bayi di Bulan Ramadhan

Istirahat yang Cukup

Pastika istirahat yang cukup bagi ibu hamil agar energinya tersimpan dengan baik saat puasa. Hindari pekerjaan atau aktivitas yang membuat ibu hamil terlalu lelah saat puasa.

Hindari Minuman Dingin Saat Buka Puasa

Tips puasa bagi ibu hamil ini bisa dilakukan untuk menghindari asam lambung naik. Sebaiknya ibu hamil buka puasa dengan minum air putih atau minuman manis yang hangat.

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Shalat Subuh Banten Hari Ini Sabtu 16 Maret 2024 Menurut Kemenag

Nah, itulah deretan tips puasa bagi ibu hamil di bulan suci Ramadhan ini. Ibu hamil tidak disarankan puasa jika muncul gejala yang mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.

Mulai dari muntah dan mual yang berlebihan, badan terasa sangat lemas, dehidrasi sehingga tidak bisa mengonsumsi apa pun atau pertumbuhan janin yang terlambat.

Ibu hamil juga tidak boleh berpuasa jika gerak janin menurun drastis, nyeri kepala, pandangan kabur, pendarahan, buang air kecil jarang dan berwarna pekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×