kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,36   2,61   0.29%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar untuk Bayi di Bulan Ramadhan


Selasa, 12 Maret 2024 / 03:21 WIB
9 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar untuk Bayi di Bulan Ramadhan


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Coba sederet tips puasa bagi ibu menyusui agar ASI tetap lancar di bulan Ramadhan. Selain itu, tips puasa bagi ibu menyusui ini membantu mencegah cepat lapar atau haus saat berpuasa.

Bulan suci Ramadhan di tahun 2024 akhirnya tiba dan disambut dengan baik oleh seluruh umat muslim dimana-mana. Namun tidak semua orang bisa berpuasa.

Salah satunya adalah ibu menyusui yang masih aktif memberikan ASI secara langsung pada anaknya. Bagi yang masih sanggup menjalankan ibadah puasa, ada beberapa tips puasa bagi ibu menyusui.

Ibu menyusui

Tetap Makan 3 Kali Sehari

Meski sudah memasuki bulan Ramadhan, ibu menyusui dianjurkan untuk tetap makan 3 kali sehari. Ubah jadwal makan itu dengan makan saat buka puasa, setelah shalat tarawih, dan saat sahur.

Tetap makan 3 kali sehari diharapkan tidak akan mengurangi asupan energi bagi ibu menyusui saat puasa esoknya. Jangan sampai melewatkan sahur.

Baca Juga: Queen of Tears Kini Tayang, Berikut 8 Drakor Rating Tertinggi Minggu Kedua Maret 2024

Perbanyak Minum Air Putih

Tips puasa bagi ibu menyusui selanjutnya adalah perbanyak minum air putih. Salah satu cara melancarkan ASI adalah memperbanyak minum air putih setiap hari.

Ketika bulan suci Ramadhan, perbanyak minum saat malam hari atau sahur. Tips puasa bagi ibu menyusui ini bisa mencegah ibu kekurangan cairan karena masih aktif memberikan ASI.

Ibu sedang menyusui bayi

Mengonsumsi Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu makanan yang memperbanyak ASI karena kacang ini kaya akan vitamin, mineral, kalsium, zat besi, dan Omega-3 yang baik bagi bayi.

Di saat santai pada malam hari bulan Ramadhan, tambah camilan Anda dengan kacang almond agar ASI tetap lancar saat puasa dan menyusui.

Baca Juga: John Cena Telanjang di Oscar 2024 Umumkan Desain Kostum Terbaik, Ini Pemenangnya

Suplemen atau Susu Bagi Ibu Menyusui

Jika camilan kacang almond tidak cukup, tips puasa bagi ibu menyusui yang bisa dicoba yaitu menambah suplemen bila perlu atau susu bagi ibu menyusui demi kelancaran ASI.

Suplemen atau susu tidak hanya bagus untuk bayi namun juga untuk menjaga kesehatan ibu saat menjalani puasa di bulan suci Ramadhan.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Istirahat yang Cukup

Jangan meremehkan tips puasa bagi ibu menyusui yang satu ini karena istirahat yang cukup itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat bulan suci Ramadhan.

Terutama tidur di malam hari dan siang hari. Kurang istirahat bisa membuat ibu menyusui stres dan kelelahan sehingga mengganggu produksi ASI saat puasa.

Perbanyak Asupan Protein dan Sayur

Jangan hanya terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, ibu menyusui justru harus lebih banyak konsumsi asupan makanan yang mengandung banyak protein dan sayur.

Tips puasa bagi ibu menyusui adalah banyak tambahan makan sayur saat berbuka puasa dan perbanyak konsumsi protein saat sahur.

Baca Juga: Exhuma Raih Rekor Film Korea Terlaris Sepanjang Masa di Indonesia, Kalahkan Parasite

Kurangi Aktivitas yang Melelahkan

Tips puasa bagi ibu menyusui di bulan suci Ramadhan ini juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk berbagi pekerjaan dengan suami atau anggota keluarga lainnya sehingga tidak mudah lelah.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Konsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air

Tips puasa bagi ibu menyusui yang bisa dicoba dengan mudah adalah banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka atau belimbing.

Meski begitu, buah-buahan lainnya juga tetap bagus untuk menjaga kesehatan ibu menyusui selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini.

Sering Pumping di Malam Hari

Tips puasa bagi ibu menyusui ini bisa dilakukan di malam hari. Usahakan untuk sering pumping mengosongkan ASI di malam hari dan disimpan untuk digunakan pada siang hari.

Rajin pumping ASI juga dapat melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan cara penyimpanan ASI dengan baik.

Baca Juga: Promo KFC Attack 4 Menu Serba Rp 19.000-an Mulai Senin Sore, Pilihan Makan Hemat

Itulah berbagai tips puasa bagi ibu menyusui agar bisa melakukan ibadah puasa dengan lancar di bulan suci Ramadhan. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan ibu dan bayi.

Apabila muncul tanda bayi kekurangan cairan, sering rewel karena kurang ASI atau ibu terganggu kesehatannya maka sebaiknya tidak puasa terlebih dahulu atau bisa dikonsultasikan dengan dokter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×