kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips Puasa Tidak Mudah Lapar dan Lemas Sampai Maghrib di Bulan Ramadhan, Apa Saja?


Sabtu, 23 Maret 2024 / 18:30 WIB
Tips Puasa Tidak Mudah Lapar dan Lemas Sampai Maghrib di Bulan Ramadhan, Apa Saja?
Tips Puasa Tidak Mudah Lapar dan Lemas Sampai Maghrib di Bulan Ramadhan, Apa Saja?


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Ada banyak tips puasa tidak mudah lapar dan lemas yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan ini. Berikut tips puasa agar tidak mudah lapar dan lemas sampai maghrib agar aktivitas lancar sepanjang hari.

Di awal-awal Ramadhan mungkin terasa sulit karena masih membiasakan diri menjalani bulan puasa lagi. Ketika menahan lapar, tubuh akan terasa lemas dan malas beraktivitas.

Ada banyak cara untuk menghadapi situasi ini. Berikut sederet tips puasa agar tidak mudah lapar dan lemas yang bisa Anda lakukan dengan mudah mulai sekarang. Apa saja?

Tips Puasa Agar Tidak Mudah Lapar

Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat

Makan terlalu banyak karbohidrat seperti nasi adalah cara yang salah di bulan puasa. Karbohidrat bisa hilangkan rasa lapar namun sifatnya hanya sementara saja.

Tips puasa agar tidak mudah lapar sepanjang hari di bulan Ramadhan adalah jangan terlalu banyak konsumsi karbohidrat karena bisa menyebabkan gula darah naik lalu turun dengan cepat.

Penurunan secara tiba-tiba tersebut bisa membuat energi tubuh berkurang dan mudah merasa lapar atau lemas di tengah hari saat puasa bulan Ramadhan.

Baca Juga: Nonton 6 Drakor Hyeri Subtitle Indonesia & Sinopsis, Reply 1988-My Roomate is Gumiho

Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Protein

Perbanyak konsumsi makanan dengan serat dan protein tinggi saat bulan Ramadhan. Ini bisa menjadi tips puasa agar tidak mudah lapar yang tepat karena bisa kenyang lebih lama.

Protein hewani atau nabati bisa menekan kadar hormon lapar dan diproses lebih lama di dalam pencernaan sehingga membuat Anda tidak mudah lapar saat puasa.

Makan makanan dengan serat tinggi juga bisa membuat kita kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan dengan serat tinggi yaitu sayuran, almond, alpukat, biji-bijian.

Tips Puasa Agar Tidak Mudah Lapar

Usahakan Bangun Sahur

Usahakan untuk bisa bangun saat sahur demi mengisi perut dan mempersiapkan tubuh menghadapi puasa esok harinya agar tidak mudah lapar dan lemas.

Istirahat yang Cukup dengan Tidur

Meski memiliki banyak aktivitas dari pagi sampai sore hari saat bulan Ramadhan, usahakan memiliki waktu istirahat yang cukup untuk tidur di malam hari.

Kurangnya waktu istirahat dan tidur bisa membuat lemas di siang hari, malas beraktivitas esoknya, mudah lapar dan tidak berhenti ingin makan terus.

Baca Juga: Promo JSM Superindo Ramadhan 22-24 Maret 2024, Minyak Goreng Beli 2 Lebih Hemat!

Kelola Pikiran Agar Tidak Mudah Stres

Tips puasa agar tidak mudah lapar selanjutnya adalah kelola pikiran agar tidak mudah stres. Istirahat dengan tidur tidak cukup jika pikiran Anda tetap stres saat bulan Ramadhan.

Tips Puasa Agar Tidak Mudah Lapar

Konsumsi Vitamin Tambahan

Bila perlu, di bulan Ramadhan ini konsumsi vitamin yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan menambah energi agar tidak mudah lapar atau lemas saat puasa.

Pemilihan vitamin penambah energi dan daya tahan tubuh saat puasa tersebut bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis atau ahlinya agar dosisnya tepat.

Baca Juga: Nonton Film Budi Pekerti Tayang Hari Ini, Berikut Film-Film Indonesia Baru di Netflix

Tetap Produktif

Tips puasa agar tidak mudah lapar atau lemas yang terakhir adalah tetap produktif di bulan Ramadhan. Jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Tetap produktif di bulan Ramadhan justru bisa mengalihkan perhatian Anda dari makanan sehingga tidak mudah ingat rasa lapar saat puasa.

Meski begitu, jangan terlalu produktif dengan terlalu banyak aktivitas yang melelahkan saat puasa. Jangan lupa untuk tetap menyempatkan waktu istirahat di sela kesibukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×