kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips menurunkan berat badan berlebih dengan diet sehat ini


Kamis, 20 Mei 2021 / 14:04 WIB
Tips menurunkan berat badan berlebih dengan diet sehat ini
ILUSTRASI. Tips menurunkan berat badan berlebih dengan diet sehat ini. Foto Dok Shutterstock


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Kelebihan berat badan memang menjadi masalah tersendiri di masyarakat era globalisasi. Berikut ini tips menurunkan berat badan berlebih dengan diet sehat.

Sebab, overweight atau kelebihan berat badan bisa menyebabkan timbulnya banyak penyakit. Dan, di beberapa negara maju dan berkembang menunjukkan angka kenaikan kasus berat badan berlebih. 

Bersumber dari situs Universitas Airlangga (Unair), angka kasus overwieght di Indonesia naik sebesar 5%, sedangkan obesitas 11,3% dari tahun 2007 hingga 2018. 

Untuk mengetahui status gizi tubuh, diperlukan pemeriksaan antropometri. Pada awalnya, berat badan dan tinggi badan akan diukur. 

Tahap selanjutnya adalah mengukur Indeks Masa Tubuh atau IMT. Hasil IMT didapatkan dengan cara membagi berat badan dalam kg, dengan tinggi badan yang dikuadratkan dalam bentuk meter persegi. 

Baca Juga: Simak jadwal PPDB Jakarta 2021 jalur prestasi dan zonasi untuk SD, SMP, SMA, dan SMK

Menurut WHO, IMT untuk berat badan ideal adalah 18,5-25. Sedangkan jika di bawah angka 18, menurut Dokter Widati, dosen Gizi Masyarakat Fakultas Kedokteran Unair, masuk dalam kategori kurus. 

Bila angka IMT berkisar dari 25-29,9 berarti masuk dalam overweight. Sedangkan kalau di atas angka tersebut atau sama dengan 30 masuk kategori obesitas. 

Ada berbagai sebab mengapa seseorang bisa mengalami kelebihan berat badan bahkan obesitas. Dokter Widati menjelaskan, pola makan tidak seimbang menjadi salah satu sebab berat badan naik hingga menyebabkan overweight

Selain itu, kebiasaan malas bergerak menambah risiko kelebihan berat badan. Penyebabnya, energi dalam tubuh disimpan menjadi cadangan berupa lemak karena tidak terpakai. 

Lemak inilah yang berpotensi menambah berat badan hingga menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. 

Baca Juga: PPDB tahun ajaran 2021/2022 di DKI Jakarta segera di buka, simak infonya ini




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×