CLOSE [X]

Tips Membuat Bekal Penuh Gizi untuk Anak, Persiapan Sekolah Tatap Muka

Jumat, 08 Juli 2022 | 09:56 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Membuat Bekal Penuh Gizi untuk Anak, Persiapan Sekolah Tatap Muka

ILUSTRASI. Tips Membuat Bekal Penuh Gizi untuk Anak, Persiapan Sekolah Tatap Muka. dok/Little Day Out


KONTAN.CO.ID -  Sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru 2022/2023. Orangtua sebaiknya mulai mempersiapkan bekal apa yang akan dibawa oleh buah hati ke sekolah. 

Beberapa wilayah di Indonesia akan mulai masuk sekolah pada hari Senin mendatang yaitu tanggal 11 Juli 2022. 

Mengingat beberapa sekolah akan melaksanakan pembelajaran tatap muka, sebaiknya anak membawa bekal dari rumah. 

Membawa bekal bisa mengurangi risiko tertular penyakit seperti Covid-19 atau penyakit pencernaan dan lebih sehat untuk anak. 

Berikut ini tips membuat bekal yang sehat untuk anak, dirangkum dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair). 

Baca Juga: Dicari Volunteeer untuk ASEAN Para Games 2022, Ini syarat dan cara Daftarnya

Tips membuat bekal sehat untuk anak sekolah

1. Memenuhi gizi seimbang anak

Membuat bekal untuk anak tentu tidak sekedar membuat makanan yang mereka sukai saja. Pastikan makanan mereka memenuhi gizi seimbang untuk tumbuh kembangnya. 

Siapkan bekal yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, protein hewani dan nabati, serta susu atau produk olahan susu. 

2. Memilih buah dan sayur segar

Anak usia sekolah dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah antara 300-400 gram per harinya.

Agar anak mendapatkan nutrisi maksimal dari kedua bahan makanan ini, pastikan buah dan sayur yang diolah masih segar. 

Hindari memberikan bekal jus kemasan dan sayuran beku atau kaleng karena mengandung gula dan sodium tinggi. 

3. Mencukupi kebutuhan lemak

Lemak merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting untuk anak-anak. Nutrisi ini menjaga buah hati tetap berenergi dan fokus saat belajar. 

Namun konsumsi lemak berlebih bisa membuat berat badan anak menjadi naik dan jika tidak terkontrol bisa mengganggu kesehatannya di kemudian hari. 

Setiap harinya, anak membutuhkan lemak maksimal sebanyak 67 gram per hari. Lemak bisa didapat dari berbagai bahan makanan seperti daging, ikan, keju, hingga kacang-kacangan. 

4. Tambah biji-bijian pada bekal

Biji-bijian juga penting ditambah saat membuat bekal anak ke sekolah. Anda bisa memberikan popcorn atau oatmeal sebagai camilan untuk buah hati. 

Sangat disarankan untuk memberikan biji-bijian utuh seperti roti gandum utuh atau beras merah sebagai ganti beras putih atau roti putih. 

Baca Juga: Kampus Merdeka Buka Pendaftaran Magang di Berbagai BUMN, Cek Infonya ini

5. Beri minuman sehat

Kebanyakan anak-anak sangat senang dengan minuman manis, namun Anda perlu membatasi asupan minuman ini. Sebagai ganti minuman kemasan yang manis, Anda bisa membawakan air putih atau susu sebagai bekal anak. 

Dalam masa tumbuh kembang, anak membutuhkan 2-3 gelas susu setiap harinya. Selain susu dan air putih, Anda juga bisa memberikan jus murni yang Anda buat sendiri. 

Jika Anda bingung membuatkan bekal anak sekolah, berikut ini contoh menu sederhana serupa dadar telur sayur yang bisa dicoba. 

Bahan telur dadar sayur:

  • 2 butir telur ayam, kocok
  • 1 siung bawang merah, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 10 gram buah jamur kancing, iris tipis
  • 1/2 buah tomat ukuran sedang, buang bijinya lalu cincang halus
  • 1/2 buah wortel ukuran sedang, potong kotak-kotak atau parut kasar
  • Sayur bayam (jumlahnya sesuai keinginan) rebus sebentar, tiriskan
  • Daun bawang secukupnya lalu iris tipis
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  • Tumis bawang merah dan putih dengan sedikit minyak, kemudian masukkan wortel dan tumus hingga setengah matang.
  • Campur tumisan wortel dan semua bahan ke dalam kocokan telur.
  • Panaskan wajan dan beri sedikit minyak.
  • Masukkan campuran telur dan ratakan, masak hingga matang.
  • Jika sudah matang, angkat lalu sajikan.

Agar buah hati tidak kecewa dengan menu bekal sekolahnya, sebaiknya Anda mengajak anak untuk berdiskusi. Tanyakan apa yang ingin dia makan dan beri beberapa saran agar bekal yang mereka inginkan memenuhi gizi seimbang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru