kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips Melindungi Kulit dari Efek Samping Cuaca Panas Ekstreme, Liat Caranya!


Kamis, 12 Oktober 2023 / 16:35 WIB
Tips Melindungi Kulit dari Efek Samping Cuaca Panas Ekstreme, Liat Caranya!
ILUSTRASI. Sunscreen


Penulis: Tiyas Septiana

Tips Melindungi Kulit dari Cuaca Panas -  Masyarakat perlu waspada dengan beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat cuaca panas ekstreme yang akhir-akhir ini melanda beberapa daerah di Indonesia. 

Beberapa keluhan kesehatan seperti dehidrasi berat, heat stroke, hingga masalah kulit, umum muncul ketika suhu udara naik.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Neny Triastuti, menyebutkan bahwa menjaga kesehatan termasuk kesehatan kulit saat cuaca panas sangatlah penting. 

Merangkum situs UM Surabaya, berikut ini beberapa tips tentang cara menjaga kesehatan kulit saat cuaca panas ekstreme.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Singkong yang Jarang Diketahui & Cara Mengolahnya Agar Tidak Keracunan

Memakai tabir surya secara teratur

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti sunburn, penuaan dini, hingga kanker kulit. 

Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. 

“Sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV A dan B yang dapat menyebabkan kerusakan kulit,”ujar Neny, dikutip dari situs UM Surabaya.

Untuk cuaca panas ekstrem, dapat memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan gunakan secara teratur setiap dua jam sekali atau setelah beraktivitas yang membuat kulit berkeringat. 

Selain itu, pilihlah sunscreen yang mudah diserap oleh kulit dan tidak meninggalkan sisa lengket pada kulit, serta sesuai dengan jenis kulitmu.

Hindari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari yang paling terik adalah sekitar jam 11 pagi hingga jam 3 sore. Sebisa mungkin pada waktu tersebut menghindari paparan sinar matahari langsung. 

Jika Anda memiliki aktivitas yang harus dilakukan di luar ruangan pada jam tersebut, usahakan untuk mengenakan pakaian yang melindungi kulit dan mencari tempat yang teduh seperti di bawah pohon atau payung. 

Cara tersebut dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibatkan sinar UV.

Menggunakan moisturizer 

Selain sunscreen, menggunakan moisturizer atau pelembap di saat cuaca panas ekstrem dapat membantu mencegah kerusakan kulit.

Neny menjelaskan Pada saat cuaca panas, kelembaban alami kulit bisa hilang lebih cepat, sehingga kulit menjadi lebih kering, kasar, dan rentan terhadap kerusakan. 

Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat menggunakan moisturizer yang cocok dengan jenis kulit dan mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera, lidah buaya, atau minyak alami seperti minyak zaitun, almond, atau jojoba.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirsak Buat Kesehatan, Efek Samping, dan Cara Mengolahnya yang Benar

Menjaga asupan cairan tubuh

Minum cukup air menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit di cuaca panas ekstrem.

Suhu yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi yang memengaruhi kesehatan kulit. Dehidrasi dapat membuat kulitmu menjadi kering, kusam, dan kurang elastis.

Mengenakan pakaian yang tepat

Cara menjaga kulit saat cuaca panas selanjutnya adalah dengan mengenakan pakaian yang tepat. Pakaian yang tepat dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan sekaligus menjaga kulit tetap sejuk.

“Pakaian yang ideal untuk cuaca panas adalah pakaian yang longgar, bahan yang ringan, dan berwarna terang. Bisa menggunakan pakaian berbahan katun atau linen yang mudah menyerap keringat daripada bahan kulit, poliester, atau wol yang menahan panas keluar,”pungkas Neny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×