kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips Buka Puasa yang Aman Untuk Penderita Asam Lambung


Sabtu, 30 Maret 2024 / 13:40 WIB
Tips Buka Puasa yang Aman Untuk Penderita Asam Lambung
ILUSTRASI. Pembeli membeli makanan untuk berbuka puasa (takjil) di Bazaar Takjil Ramadhan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta, Rabu (13/3).


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita asam lambung perlu menjaga kondisinya selama puasa dengan pola makan yang tepat, baik saat berbuka maupun sahur. Pasalnya, asam lambung bisa mengalami kenaikan selama puasa karena perut dalam keadaan kosong selama belasan jam.

Dikutip dari Siloam Hospitals, gejala asam lambung naik saat puasa, antara lain rasa nyeri atau terbakar pada dada, mual muntah, perut kembung, sering bersendawa, dan rasa asam atau pahit di mulut. Untuk mencegah kondisi tersebut, penderita asam lambung mungkin perlu mengetahui sederet tips buka puasa yang aman berikut.

Tips buka puasa untuk penderita asam lambung

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR memberikan sejumlah tips buka puasa untuk penderita asam lambung. Tips buka puasa bagi penderita asam lambung yang pertama yaitu dimulai dengan minum air putih biasa atau hangat agar lambung tidak kosong setelah dalam keadaan kosong berjam-jam.

Sama halnya dengan makanan, dokter Agus menyarankan untuk memulai buka puasa dengan konsumsi makanan lunak, seperti bubur atau jeli. Kemudian untuk takjil yang aman dikonsumsi penderita asam lambung yaitu buah-buahan atau sayuran, misalnya kurma yang terbukti baik untuk lambung.

Baca Juga: 6 Menu Makanan Terbaik untuk Lambung Sehat Selama Puasa Ramadhan

Adapun makanan yang harus dihindari adalah makanan pemicu sakit lambung, seperti makanan pedas, asam, dan berlemak tinggi, seperti nangka muda dan goreng-gorengan. Sedangkan untuk minuman, penderita asam lambung sebaiknya menghindari minuman berkafein dan soda.

"Pilih makanan yang tepat seperti daging tanpa lemak, buah-buahan yang tidak asam, sayuran, karbohidrat kompleks misal nasi merah dan oatmeal. Akan lebih baik jika memproses makanan dengan cara dipanggang, rebus, atau kukus," kata dokter Agus, Selasa (26/3).

Tips selanjutnya yaitu menghindari tidur langsung setelah menghabiskan makanan saat buka puasa maupun sahur. Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu minimal dua jam untuk mencerna makanan berat dan satu jam untuk makanan ringan, seperti buah dan sayur.

Alumni Universitas Airlangga tersebut juga mengingatkan agar penderita asam lambung untuk makan secukupnya saat buka puasa. Aturan ini juga berlaku ketika sahur.

Itulah tips buka puasa untuk penderita asam lambung yang dapat dicoba. Meski begitu, tiap individu memiliki kondisi yang berbeda-beda. Karena itu, penderita asam lambung dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter yang biasa menanganinya untuk mengetahui cara aman berpuasa sesuai kondisinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tips Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung yang Aman Menurut Dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×