kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada, Cek Buah yang Aman untuk Asam Lambung


Rabu, 15 November 2023 / 07:17 WIB
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada, Cek Buah yang Aman untuk Asam Lambung
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada, Cek Buah yang Aman untuk Asam Lambung


Reporter: Adi Wikanto, Tim KONTAN | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mengatasi asam lambung naik ke dada. Kenali juga buah yang baik untuk penderita asam lambung.

Tidak sedikit orang yang merasa tidak nyaman karena asam lambung naik di malam hari. Jika Anda juga mengalami hal itu, cobalah beberapa cara mengatasi asam lambung naik ke dada pada malam hari.

Ada beberapa jenis ciri-ciri asam lambung yang bisa Anda alami. Misalnya, muncul heartburn atau sensasi terbakar dari perut hingga mulut, nyeri dada, dan lain sebagainya. Tentu saja hal itu bisa membuat tubuh Anda terasa tak nyaman.

Sebenarnya, kondisi itu bisa Anda obati dengan obat asam lambung di apotek. Namun, memanfaatkan bahan-bahan alami juga dapat Anda coba. Selain mudah didapat, bahan-bahan alami juga memiliki harga yang cukup murah.

Namun, bukan berarti Anda hanya menggunakan bahan-bahan alami, ya. Apabila gejala asam lambung semakin parah dan tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada

Berikut beberapa cara mengatasi asam lambung naik ke dada:

Air Rebusan Jahe

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada yang pertama adalah minum air rebusan jahe. Melansir Fisher Titus (fishertitus.org), minum air rebusan jahe baik untuk sistem pencernaan, tak terkecuali untuk mengatasi asam lambung tinggi. Untuk memaksimalkan efeknya, minum air rebusan jahe 30 menit sebelum Anda makan.

Kunyah Permen Karet

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada yang kedua adalah mengunyah permen karet. Biasanya, gejala asam lambung meredak 30 menit setelah Anda mencoba langkah tersebut.

Saat mengunyah permen karet, produksi air ludah meningkat. Nah, jumlah air ludah yang bertambah mengakibatkan zat asam berkurang. Dengan begitu, asam lambung bisa dapat terobati dengan baik.

Minum Teh Kamomil

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada pada malam hari selanjutnya yang sebaiknya tak Anda lewatkan adalah minum teh kamomil. Selain menurunkan asam lambung secara langsung, minum teh kamomil juga mampu mereduksi stres sehingga berdampak baik untuk kesehatan lambung.

Manfaatkan Baking Soda

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada yang keempat adalah menggunakan baking soda. Anda perlu mencampur 1 sdt baking soda dalam 8 ons air terlebih dahulu. Aduk rata lalu minum air baking soda itu secara teratur. Hindari konsumsi air baking soda secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

Buah untuk asam lambung

Diberitakan Kompas.com, untuk mencegah dan membantu mengatasi asam lambung, penderita perlu konsumsi buah-buahan berikut:

  • Pisang

Buah untuk asam lambung yang pertama adalah pisang. Melansir American Association of Retired Persons, pisang termasuk ke dalam buah rendah asam yang memiliki sumber potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien.

Serat dalam pisang meningkatkan pencernaan dan membantu menetralkan asam lambung dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Kandungan pektin pada pisang juga bermanfaat untuk membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui saluran pencernaan. Hal ini dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kecil kemungkinannya untuk makan berlebihan.

  • Kurma

Buah untuk asam lambung yang kedua adalah kurma. Melansir Health Central, kurma menjadi salah satu buah-buahan untuk asam lambung selanjutnya. Buah kurma ini relatif rendah asam. Kamu dapat menikmati buah kurma secara langsung atau dengan cara dijadikan sebagai topping smoothie.

  • Melon

Buah untuk asam lambung yang ketiga adalah melon. Melon berpotensi aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena kandungan asamnya relatif rendah. Kamu dapat mengonsumsi melon secara langsung atau dibuat jus buah untuk asam lambung.

  • Pepaya

Buah untuk asam lambung yang keempat adalah pepaya. Melansir NDTV Food, buah pepaya memiliki kandungan tinggi vitamin K, beta-karoten, kalsium, dan vitamin A. Pepaya juga termasuk ke dalam buah dengan skala pH tinggi, yang artinya rendah asam dan bersifat basa. Selain itu, pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi rasa terbakar karena asam lambung.

  • Buah persik

Buah untuk asam lambung yang kelima adalah buah persik. Baik nektarin maupun buah persik mengandung vitamin esensial dan sifat antioksidan. Buah kecil berbulu halus ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin C. Buah ini juga memiliki pH tinggi, sehingga aman untuk kamu yang menderita refluks asam.

  • Buah kelapa

Buah untuk asam lambung yang keenam adalah buah kelapa. Buah kelapa telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena buah ini paling tidak asam.

Air kelapa tanpa pemanis bisa juga menjadi pilihan bagus lainnya bagi penderita refluks asam atau GERD. Minuman ini merupakan sumber elektrolit seperti potasium yang membantu meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, di mana hal tersebut sangat penting untuk mengelola refluks asam.

  • Apel

Buah untuk asam lambung yang ketujuh adalah apel. Melansir Healthline, apel adalah sumber kalsium, magnesium, dan potasium yang baik. Mineral alkali tersebut dapat membantu meringankan gejala refluks asam bagi kamu yang sering asam lambungnya kambuh.

Apel juga mengandung vitamin A, C, D, B16, dan B12 yang dapat meningkatkan pencernaan yang sehat dan pergerakan usus yang teratur. Hal tersebut juga berpengaruh untuk mengurangi asam dan menenangkan lambung.

  • Buah beri

Buah untuk asam lambung yang kedelapan adalah buah beri. Buah beri ini meliputi blackberry, raspberry, dan stroberi. Buah beri baik untuk penderita asam lambung karena memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Buah ini juga memiliki pH yang tinggi dan baik dikonsumsi untuk kamu yang menderita refluks asam.

  • Buah pir

Buah untuk asam lambung yang kesembilan adalah buah pir. Buah pir untuk asam lambung dapat dikonsumsi secara teratur karena memiliki kandungan asam yang relatif rendah. Buah pir juga mengandung tinggi vitamin B6 yang bermanfaat untuk meringankan gejala refluks asam seperti rasa mual parah.

  • Buah naga

Buah untuk asam lambung yang ke-10 adalah buah naga. Melansir Foodchamps, buah naga memiliki nilai pH yang tinggi dan mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium yang meningkatkan kadar pH darah. Buah ini juga rendah gula dan dapat dicerna tanpa memicu produksi asam lambung berlebihan.

Dalam satu cangkir buah naga bisa mengandung 7 gram serat. Serat bermanfaat untuk menyerap cairan di saluran pencernaan, sehingga mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

  • Buah ara

Buah untuk asam lambung yang ke-11 adalah buah ara. Buah ara bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena mengandung gula alami, mineral, potasium, kalsium, serat, dan zat besi. Kandungan serat dalam buah ara juga dapat membantu pergerakan usus dan gangguan pencernaan.

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung naik ke dada dan daftar buah yang baik untuk penderita asam lambung. Jangan ragu untuk segera pergi ke dokter. Apalagi jika asam lambung naik Anda alam selama beberapa hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×