Tinggi purin, hindari 4 makanan pantangan asam urat ini

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tinggi purin, hindari 4 makanan pantangan asam urat ini

ILUSTRASI. Hindari makanan pantangan asam urat yang mengandung banyak purin.

KONTAN.CO.ID - Anda perlu mengontrol jumlah asam urat yang ada dalam tubuh Anda. Salah satu cara yang cukup efektif untuk Anda lakukan adalah menghindari konsumsi makanan pantangan asam urat.

Asam urat yang menumpuk bisa memicu peradangan. Biasanya, asam urat menumpuk di bagian sendi. Ketika hal itu terjadi, radang sendi pun Anda alami.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah hindari makanan atau minuman yang mengandung banyak purin. Dengan begitu, jumlah asam urat yang terkumpul di tubuh Anda dapat berkurang.

Seiring berjalannya waktu, radang sendi tak lagi Anda alami. Selain menghindari beberapa makanan ini, jangan lupa untuk tetap melakukan konsultasi rutin ke dokter, ya.

Minuman bersoda

Creakjoints.org merekomendasikan Anda untuk membatasi konsumsi minuman bersoda. Fruktosa dalam minuman bersoda memang tak mengandung purin. Namun, tubuh akan memecah fruktosa tersebut menjadi purin.

Hal yang sama juga berlaku untuk diet soda. Alih-alih mengonsumsi jenis minuman itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi air putih, infused water, atau jenis minuman lain yang lebih baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Begini cara meracik kunyit dan cabai agar bisa jadi obat asam urat

Minuman beralkohol

Tak hanya minuman bersoda, Creakyjoints.org mengatakan, minuman beralkohol juga dapat membahayakan jumlah asam urat dalam tubuh. Menurut penelitian, semakin banyak minuman beralkohol yang Anda konsumsi, semakin tinggi risiko asam urat yang Anda miliki.

Liver

Jeroan termasuk makanan pantangan asam urat.

Liver merupakan makanan pantangan asam urat yang sebaiknya Anda waspadai. Alasannya, liver memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Selain liver, jeroan lain juga perlu Anda hindari. Hal yang sama juga berlaku untuk bawang merah.

Baca Juga: 6 Ciri-ciri diabetes ini perlu Anda ketahui, apa saja?

Seafood

Seafood termasuk makanan pantangan asam urat karena memiliki banyak purin.

Makanan pantangan asam urat lainnya adalah seafood. Mulai dari kepiting, udang, hingga ikan teri. Bukan tanpa alasan, jenis makanan yang datang dari laut itu mengandung banyak purin yang tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Hasil penelitian menunjukkan, 50% partisipan yang mengonsumsi seafood lebih banyak memiliki jumlah asam urat yang lebih tinggi.

Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi seafood, cobalah untuk membatasi konsumsinya dan kombinasikan dengan makanan sehat lain, seperti brokoli atau lemon.

Selanjutnya: Cek 6 makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Editor: Belladina Biananda
Terbaru