Begini cara meracik kunyit dan cabai agar bisa jadi obat asam urat

Kamis, 23 September 2021 | 09:10 WIB Sumber: Kompas.com
Begini cara meracik kunyit dan cabai agar bisa jadi obat asam urat

ILUSTRASI. Kunyit bisa bermanfaat dalam mengatasi rasa sakit pada jempol kaki karena asam urat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat asam urat mendera, penderitanya pasti akan merasa tersiksa. Rasa sakit yang tak tertahankan ditambah adanya pembengkakan terkadang membuatmu menjadi kesulitan. 

Asam urat merupakan senyawa alami sisa hasil metabolisme zat purin. Purin sendiri adalah molekul yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan bisa bersumber dari sejumlah bahan makanan.  

Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Asam urat baru akan menjadi masalah ketika menumpuk dalam darah dan tidak dapat dikeluarkan.  

Peningkatan kadar asam urat yang melebihi batas normal menjadi penyebab penyakit asam urat atau gout.  

Asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. 

Baca Juga: Bisa menurunkan gula darah, begini aturan konsumsi kunyit untuk penderita diabetes

Semua sendi tubuh manusia dapat terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki. 

Namun, selain dengan obat yang dibeli di apotek, kamu juga bisa mengobati asam urat dengan obat alami, lo. 

Siapa sangka cabai dan kunyit bisa jadi obat alami asam urat. Bahan alami ini dipercaya mampu mengatasi asam urat hingga pembengkakan. 

Mengutip dari Nakita.id, kunyit adalah obat yang sangat baik untuk segala jenis rasa sakit.  Bahan dapur yang satu ini mengandung bahan aktif yang disebut curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. 

Baca Juga: Wajib Anda ketahui, hindari 4 pantangan ibu hamil ini

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru