Tiga Jenis Buah Ini Direkomendasikan untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Sabtu, 10 September 2022 | 20:20 WIB Sumber: Kompas.com
Tiga Jenis Buah Ini Direkomendasikan untuk Menurunkan Kolesterol Jahat


KONTAN.CO.ID - Kolesterol adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Melansir Mayo Clinic, kolesterol akan membantu dalam membangun sel-sel sehat di dalam tubuh. 

Namun, level kolesterol yang tinggi akan memperbesar risiko penyakit jantung. Meskipun level kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit bawaan, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebabnya.

Kolesterol tinggi tidak perlu dikhawatirkan karena dengan diet serta gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko buruk yang akan terjadi. 

Baca Juga: Rutinitas Penyebab Kolesterol Tinggi Usia Muda & Jus Buah Penurun Kolesterol

Dengan kata lain, asupan makanan perlu sangat diperhatikan dan berikut adalah rekomendasi buah untuk menurunkan kolesterol. 

Jeruk 

Minum jus jeruk ternyata tidak hanya menyegarkan tubuh, tapi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena darah tinggi dan kolesterol. 

Menurut penelitian yang terbit pada Jurnal Lipids in Health and Disease pada tahun 2013 menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk dalam jangka waktu yang lama bisa menurunkan LDL kolesterol jahat. 

Penelitian lain mengenai kaitan antara jeruk dan kolesterol dimuat dalam Jurnal American Chemical Society di tahun 2004. 

Hasilnya ditemukan bahwa kulit jeruk memiliki senyawa yang bernama flavon polimetoksilasi (PMF) yang berguna untuk melawan kanker, penyakit jantung, serta peradangan.

Baca Juga: Cara Mencegah Stroke & Gejala Stroke Ringan Yang Wajib Diketahui

Tidak hanya itu saja, senyawa tersebut juga berguna untuk menurunkan kolesterol tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan. 

Penelitian ini juga menemukan bahwa minum jus jeruk bisa menurunkan kolesterol jika dikonsumsi lebih dari 20 gelas per hari. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru