Rutinitas Penyebab Kolesterol Tinggi Usia Muda & Jus Buah Penurun Kolesterol

Sabtu, 10 September 2022 | 10:53 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
Rutinitas Penyebab Kolesterol Tinggi Usia Muda & Jus Buah Penurun Kolesterol

ILUSTRASI. Jus buah pertama sebagai penurun kolesterol adalah


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali penyebab kolesterol tinggi di usia muda. Selain itu, pahami pula buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai jus penurun kolesterol secara cepat.

Memahami penyebab kolesterol tinggi di usia muda sangat penting pada jaman ini. Pasalnya, di tengah gaya hidup yang tidak sehat, banyak anak muda mengalami kolesterol tinggi.

Kita juga perlu mengenali cara menurunkan kolesterol selain dengan obat dokter atau apotek. Sejumlah buah-buahan bisa diolah sebagai jus dan memberikan manfaat sebagai penurun kolesterol.

Dilansir dari Momsmoney.id, beberapa penyebab kolesterol tinggi di usia muda yang umum terjadi namun kerap disepelekan, antara lain: 

Pola makan tidak sehat

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda salah satu penyebabnya adalah kebiasaan makan yang tidak sehat. Kebiasaan makan dan jajan sembarangan dapat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. 

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Kerap Luput dari Perhatian

Berat badan berlebih (obesitas)

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda yang kedua adalah berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini biasanya menjadi pertanda kelebihan kadar lemak di dalam tubuh.

Kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang terjadi akibat kolesterol. Sebagai contoh, risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga gagal jantung.

Mengonsumi gula dan alkohol berlebih

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda selanjutnya karena mengonsumsi gula dan alkohol berlebihan. Ketika Anda mengalami kolesterol, mungkin Anda hanya fokus untuk membatasi makanan berlemak. Namun, banyak juga yang tidak memperhatikan asupan gula dan alkohol.

Padahal, kalori berlebih yang Anda dapatkan bisa dari gula dan alkohol yang berubah menjadi kolesterol trigliserida yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah Anda.

Malas bergerak

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda terakhir adalah malas bergerak. Jika Anda malas bergerak bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol di dalam darah meningkat.

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tiduran sembari mengecek ponsel? Apalagi jika Anda pegawai kantoran yang menghabiskan waktu untuk duduk diam di depan komputer.

Kurang aktif bergerak dan malas berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol Anda meningkat. Penyebab kolesterol tinggi di usia muda tak pelak karena kurangnya kesadaran untuk menjaga pola makan serta gaya hidup sehat.

Karena itu, setelah mengisi tubuh dengan asupan bergizi, jangan lupa untuk berolahraga minimal tiga kali seminggu selama 30 menit.

Jus buah penurun kolesterol secara cepat

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com yang mengutip Mayo Clinic, sejumlah buah bisa dibuat jus sebagai penurun kolesterol. Berikut daftar buah penurun kolesterol tersebut:

  • Jeruk

Jus buah pertama sebagai penurun kolesterol adalah jeruk. Minum jus jeruk ternyata tidak hanya menyegarkan tubuh, tapi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena darah tinggi dan kolesterol.

Menurut penelitian yang terbit pada Jurnal Lipids in Health and Disease pada tahun 2013 menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk dalam jangka waktu yang lama bisa menurunkan LDL kolesterol jahat.

Penelitian lain mengenai kaitan antara jeruk dan kolesterol dimuat dalam Jurnal American Chemical Society di tahun 2004. Hasilnya ditemukan bahwa kulit jeruk memiliki senyawa yang bernama flavon polimetoksilasi (PMF) yang berguna untuk melawan kanker, penyakit jantung, serta peradangan.

Tidak hanya itu saja, senyawa tersebut juga berguna untuk menurunkan kolesterol tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Penelitian ini juga menemukan bahwa minum jus jeruk bisa menurunkan kolesterol jika dikonsumsi lebih dari 20 gelas per hari. Namun untuk mempercepat efeknya, konsumsi suplemen yang mengandung PMF lebih direkomendasikan.

  • Semangka

Jus buah kedua sebagai penurun kolesterol adalah semangka. Nutrisi yang terkandung dalam semangka juga bisa berguna untuk mendukung kesehatan jantung.

Penelitian dalam Experimental and Clinical Sciences Journal di tahun 2014 menemukan bahwa kandungan likopen di dalam semangka berguna untuk menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Likopen tersebut ternyata juga akan mencegah kerusakan oksidatif karena level kolesterol yang tinggi.

  • Apel

Jus buah ketiga sebagai penurun kolesterol adalah apel. Konsumsi apel setiap hari ternyata tidak hanya membuat tubuh sehat, namun juga bisa menurunkan level LDL kolesterol jahat.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dipresentasikan dalam Experimental Biology pada tahun 2011 yang dikutip oleh Medical News Today. Menurut penelitian tersebut, wanita dewasa dengan umur 45-65 tahun yang makan apel setiap hari mengalami penurunan level LDL kolesterol sebanyak 23 persen dalam enam bulan dan kenaikan level HDL kolesterol sebanyak 4 persen.

Itulah penyebab kolesterol tinggi di usia muda yang harus diwaspadai. Segera minum jus penurun kolesterol jika kadarnya sudah di atas normal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru