Kesehatan Anak

Tiga cara mudah bagi orang tua untuk meningkatkan kesehatan anak

Jumat, 03 Juli 2020 | 11:06 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Tiga cara mudah bagi orang tua untuk meningkatkan kesehatan anak

ILUSTRASI. Kesehatan anak adalah hal yang penting untuk diperhatikan oleh orangtua. REUTERS/Nathalia Angarita. NO RESALES. NO ARCHIVES. TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesehatan anak merupakan hal penting untuk diperhatikan oleh para orangtua. Anak akan tumbuh aktif. Diharapkan, pertumbuhan anak bisa memberikan dampak positif untuk orang-orang dan lingkungan di sekitar.

Akan tetapi, masih banyak orangtua yang merasa bingung tentang bagaimana cara menjaga dan meningkatkan kesehatan anak. Hal tersebut sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Di bawah ini, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menjaga kesehatan anak.

Baca Juga: Apa yang harus dilakukan saat anak Anda mimisan?

  • Kurangi Gula

Siapa sih yang tidak suka makanan manis? Makanan manis sangat enak untuk dikonsumsi. Anak-anak pun merasa demikian. Meski begitu, Anda harus tetap membatasi konsumsi makanan dan minuman manis anak-anak.

Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman manis memberikan dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika terus dibiarkan, sistem imun akan menurun.

Saat sistem imun menurun, ada banyak bakteri dan virus yang bisa menyerang kesehatan anak.

Baca Juga: Tips untuk orangtua yang ingin memberikan pendidikan seks usia dini

  • Olahraga

Olahra menjadi cara efektif selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak. Sebagai orangtua, sebaiknya mulai membiasakan anak untuk melakukan olahraga.

Tak perlu olahraga yang terlalu berat. Anak-anak bisa diajak untuk melakukan aktivitas fisik yang disukai, semisal berenang, bermain sepak bola, basket, dan lain sebagainya.

Kehadiran orangtua sangat berperan penting untuk membiasakan olahraga. Ketika anak-anak melihat orangtuanya senang olahraga, maka tanpa dipaksa pun mereka akan mengikutinya.

  • Waktu Tidur

Waktu tidur yang cukup terbukti mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan anak. Sebaiknya, anak-anak memiliki waktu tidur selama delapan jam setiap hari. Biasakan pula untuk memiliki jadwal tidur yang pasti.

Tantangan yang sering dirasakan oleh orangtua adalah ketika anak-anak libur sekolah. Keinginan untuk bermain sampai larut malam membuat jadwal tidur berantakan. Namun, pastikan hal tersebut tidak sering terjadi, ya.

Cara di atas sangat efektif untuk menjaga kesehatan anak. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang menyenangkan, ya. Jangan sampai aturan-aturan yang Anda berlakukan justru membuat anak merasa stres. Anak yang merasa stres akan menurunkan tingkat kesehatannya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru