kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tidur Juga Bisa Membakar Kalori & Menurunkan Berat Badan, Simak Caranya


Jumat, 20 Mei 2022 / 11:04 WIB
Tidur Juga Bisa Membakar Kalori & Menurunkan Berat Badan, Simak Caranya
ILUSTRASI. Tidur Juga Bisa Menurunkan Berat Badan, Simak Caranya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan diet dan olahraga. Bahkan, tidur juga bisa menjadi cara untuk membantu menurunkan berat badan.

Tidur cukup memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain tubuh terasa segar keesokan harinya, tidur nyenyak di malam hari turut andil dalam menjaga berat badan ideal.

Pasalnya, dikutip dari Kompas.com, tubuh akan membakar 40 sampai 55 kalori setiap jam. Hal ini termasuk saat tidur dan tidak melakukan aktivitas apa pun.

Koordinator dan instruktur Program Sains di Institut Teknologi, New York, Alex Rothsein mengatakan, saat beristirahat, tubuh tetap mengeluarkan RMR atau Resting Metabolic Rate, yakni jumlah pengeluaran energi atau kalori pada saat tubuh beristirahat.

Sementara itu, tidur adalah waktu seseorang paling banyak beristirahat. Namun, jangan berasumsi bahwa tidur bisa benar-benar menurunkan berat badan. Sebab, jumlah kalori terbakar saat tidur juga didukung oleh beberapa faktor lain seperti olahraga dan jenis makanan yang disantap.

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan jumlah kalori yang terbakar saat tidur untuk menurunkan berat badan?

Cara memaksimalkan jumlah kalori yang terbakar saat tidur untuk menurunkan berat badan

Berikut cara membakar lebih banyak kalori selama tidur untuk membantu menurunkan berat badan, sebagaimana dikutip Insider:

1. Makan malam tidak terlalu larut

Cara pertama membakar lebih banyak kalori selama tidur untuk membantu menurunkan berat badan adalah jangan makan malam terlalu larut. Makan malam yang terlalu banyak dan dekat dengan waktu tidur, tidak mudah untuk dicerna tubuh.

Akibatnya, tubuh pun tidak memiliki kesempatan untuk melakukan metabolisme dengan makanan tersebut. Tak hanya itu, saat tidur mulai memasuki tahap nyenyak, otak akan memancarkan hormon pertumbuhan.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Bagus untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Hormon ini akan menyimpan makanan yang baru saja masuk sebagai lemak dan bukan bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Itulah mengapa sebaiknya makan malam dilakukan paling lambat 3 jam sebelum berbaring dan tidur.

2. Rutin olahraga tapi tidak sebelum tidur

Cara kedua membakar lebih banyak kalori selama tidur untuk membantu menurunkan berat badan adalah rutin berolahraga tapi tidak sebelum tidur. Ketika berolahraga, kebanyakan orang akan bernapas menggunakan mulut agar bisa mengambil oksigen sebanyak-banyaknya.

Seperti yang sudah disebut di awal, banyaknya kalori terbakar sangat dipengaruhi oleh aktivitas fisik seperti berolahraga. Rutin berolahraga akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan saat tidur.

Namun, olahraga di waktu menjelang tidur bukan pilihan baik jika ingin lebih banyak membakar kalori. Pasalnya, olahraga bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga membuat seseorang lebih sulit terlelap.

3. Matikan elektronik

Cara ketiga membakar lebih banyak kalori selama tidur untuk membantu menurunkan berat badan adalah mematikan elektronik. Dilansir dari Insider (10/2/2022), sinar biru yang memancar dari elektronik seperti ponsel atau laptop bisa mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur pola tidur.

Hal tersebut akan membuat metabolisme ikut terganggu dan berpengaruh pada jumlah kalori yang dibakar selama tidur. Dengan mematikan elektronik, tidur pun lebih nyenyak dan proses pembakaran kalori bisa berlangsung lebih lancar.

4. Tidur telanjang

Cara keempat membakar lebih banyak kalori selama tidur untuk membantu menurunkan berat badan adalah tidur telanjang. Walau sedikit aneh, tetapi tidur dalam kondisi telanjang membawa manafaat sendiri bagi tubuh.

Dilansir dari laman Psychology Today, tidur telanjang mempertahankan tubuh tetap dingin. Suhu dingin ini membantu meningkatkan cadangan brown fat. Brown fat atau lemak coklat sendiri merupakan jenis jaringan lemak yang bisa membakar kalori untuk menghasilkan panas.

Kondisi tubuh yang dingin, akan memicu lemak ini membakar kalori untuk memanaskan tubuh. Jika tidak memungkinkan untuk telanjang, bisa juga menggunakan pakaian tipis dan menjaga suhu kamar tetap sejuk.

Itulah berbagai cara membakar lebih banyak kalori selama tidur untuk membantu menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Memaksimalkan Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Tidur",


Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×