kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan Alami Ini Bagus untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Kamis, 19 Mei 2022 / 14:40 WIB
Bahan Alami Ini Bagus untuk Menjaga Kesehatan Jantung
ILUSTRASI. Bawang putih, salah satu bahan alami yang bagus untuk kesehatan jantung


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Setiap orang berisiko mengalami serangan jantung. Namun jangan khawatir, ada bahan alami yang bisa berkhasiat menjaga kesehatan jantung.

Mengutip Healthline, beberapa bahan alami berkhasiat menjaga kesehatan jantung dengan membantu mengurangi risiko aterosklerosis. Aterosklerosis adalah penyebab utama sebagian besar penyakit jantung karena membuat plak menumpuk di arteri, menghalangi aliran darah kaya oksigen ke jantung dan organ lainnya.

Beberapa bahan alami yang mampu memberikan khasiat menjaga kesehatan jantung yaitu sebagai berikut:

1. Kayu manis

Bahan alami pertama yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung adalah kayu manis. Mengutip Cleveland Heart Lab, kayu manis berkhasiat menjaga kesehatan jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

LDL adalah jenis lemak darah yang berbahaya yang berisiko memicu penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat menghindari diri dari diabetes dan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Tidur, Bisa Tidur Nyenyak

2. Kapulaga

Bahan alami kedua yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung adalah kapulaga. Mengutip Cleveland Heart Lab, satu studi menemukan bahwa kapulaga dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian juga menunjukkan kapulaga dapat membantu menurunkan risiko pembekuan darah.

3. Bawang putih

Bahan alami ketiga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung adalah bawang putih. Mengutip Cleveland Heart Lab, bawang putih terbukti merupakan salah satu herbal meyakinkan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

Dalam artikel 2016 yang mengulas 20 penelitian sebelumnya, bawang putih terbukti menurunkan tekanan darah secara signifikan. Studi review lain yang melibatkan 2.300 orang menunjukkan bawah putih menurunkan kolesterol total dan LDL sebanyak 10 persen pada mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

4. Jahe

Bahan alami keempat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung adalah jahe. Mengutip Cleveland Heart Lab, berdasarkan penelitian jahe dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Orang yang makan lebih banyak jahe memiliki risiko terendah terhadap penyakit jantung. Hasil penelitian merekomendasikan 2-4 gram (atau sekitar satu sendok teh) sehari untuk mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: Kenapa Perut Buncit Meski Badan Kurus? Simak 3 Cara mengecilkan Perut Buncit

5. Kurkumin

Bahan alami kelima yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung adalah kurkumin. Mengutip Cleveland Heart Lab, zat kurkumin ditemukan dalam kunyit dan memberi bumbu warna kuning yang kaya.

Kurkumin menawarkan banyak manfaat bagi untuk menjaga kesehatan jantung, dengan penelitian menunjukkan kemampuannya:

  • Mencegah pembekuan darah yang berbahaya
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengurangi peradangan yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  • Mencegah gagal jantung, ketika jantung tidak memompa darah sebaik yang seharusnya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurkumin mungkin sama efektifnya dengan pengobatan dan olahraga dalam meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

6. Teh hijau

Bahan alami keenam yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung adalah teh hijau. Mengutip Healthline, teh hijau telah diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga kesehatan jantung.

Dalam sebuah studi teh hijau memiliki komponen utama, yaitu antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Zat itu yang kemudian menawarkan khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Studi menunjukkan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung dengan mengkonsumsi 5-6 cangkir teh hijau setiap hari. Ekstrak teh hijau juga tersedia sebagai suplemen dalam bentuk kapsul.

7. Delima

Bahan alami ketujuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung adalah delima. Mengutip Healthline, seperti teh hijau, delima diyakini selama berabad-abad memiliki banyak manfaat kesehatan. Studi membuktikan bahwa banyak manfaat buah delima untuk kesehatan berasal dari kandungan bahan kimia yang bersifat antioksidan kuat. Buah delima maupun jusnya dapat membantu meredakan aterosklerosis dan menurunkan tekanan darah.

Itulah bahan alami yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Jangan lupa berolahraga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Herbal yang Berkhasiat untuk Menjaga Kesehatan Jantung",


Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×