Tips Sehat

Tidak ingin terkena pilek dan flu di musim hujan ini? Begini cara mencegahnya

Senin, 07 Desember 2020 | 16:02 WIB Sumber: Kompas.com
Tidak ingin terkena pilek dan flu di musim hujan ini? Begini cara mencegahnya

ILUSTRASI. Ilustrasi. Orang sedang terkena influenza.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim hujan telah tiba! Pilek dan flu penyakit yang banyak muncul saat musim hujan. Berikut cara mencegah terkena flu dan pilek. 

Musim hujan telah tiba! Udara akan menjadi lebih dingin saat musim hujan tiba. 

Baca Juga: Ini cara alami mencegah radang usus buntu

Selain udara semakin dingin, musim hujan memicu munculnya beberapa jenis penyakit salah satunya pilek dan flu.

Melansir dari Medical News Today, meskipun cuaca tak bertanggung jawab langsung membuat orang menjadi sakit, namun virus yang menyebabkan flu bisa menyebar dengan lebih mudah pada suhu yang lebih rendah. 

Saat terserang flu, salah satu infeksi virus yang paling sering adalah infeksi yang disebabkan oleh rhinovirus. Umumnya infeksi ini menimbulkan gejala pilek ringan. 

Namun Rhinovirus bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah seperti bronkitis dan pneumonia pada mereka yang kekebalannya sedang melemah. 
Mencegah Pilek dan Flu saat musim hujan Berikut ini beberapa cara untuk mencegah Flu dan Pilek ketika musim hujan tiba: 

1. Lakukan Vaksinasi Flu 

Melansir dari Med Life Vaksin flu bisa menjadi tindakan protektif dan preventif terbaik pada flu dan komplikasi yang diakibatkannya. Melakukan vaksin bisa mengurangi risiko kekhawatiran terhadap flu dan mencegah keparahan gejalanya. 

2. Tingkatkan asupan vitamin C 

Vitamin C dikenal mampu mendukung sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin C secara alami dari makanan yang Anda konsumsi seperti pada paprika, strowberi, tomat, jeruk maupun buah-buhan yang lain. 

3. Olahraga secara teratur 

Olahraga secara teratur terbukti membantu tubuh lebih sehat. Hal ini karena olahraga membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh membuat badan tetap bugar. 

4. Kurangi stres 

Stres bisa menyebabkan pelepasan kortisol yang bisa menyebabkan timbulnya depresi dan rasa cemas. Stres yang berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. 

Akibatnya, stres bisa membuat tubuh rentan sakit. Maka mengelola stres bisa membantu Anda terhindar dari flu. 

5. Menyesap Teh Herbal 

Sebagian besar teh herbal seperti teh hijau, peppermint, mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang bisa membantu mencegah flu dan pilek. Teh Herbal juga mampu menghangatkan ketika hujan turun dan hawa menjadi lebih dingin. 

6. Menjaga gaya hidup sehat 

Melansir dari Web MD, seorang dokter penyakit dalam di Lexington, KY mengatakan menjaga gaya hidup sehat seperti menjaga nutrisi yang baik, tidak merokok dan minum alkohol bisa membantu Anda mendapatkan kesehatan yang lebih baik sehingga terhindar dari flu. 

Bagaimana udara dingin mempengaruhi kesehatan? 

Mengutip dari Medical News Today, virus flu dan pilek umumnya masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Namun di dalam hidung terdapat mekanisme pertahanan yang membantu tubuh dari gangguan mikroba. 

Salah satu bentuk pertahananan tersebut adalah hidung akan terus menerus mengeluarkan lendir. 

Virus terperangkap dalam ingus yang lengker yang digerakkan oleh rambut kecil hidung (silia) yang melapisi selaput hidung. Udara dingin seperti saat musim hujan, bisa mendinginkan saluran hidung dan memperlambat pembersihan lendir. 

Sehingga virus bisa bertahan lebih lama, dan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Setelah virus masuk ke dalam sistem pertahananan, maka sistem kekebalan tubuh akan mengambil kendali melawan pengganggu. 

Fagosit, yang merupakan sel imun yang mampu menelan dan mencerna virus, aktivitasnya akan menurun akibat udara dingin yang ada.

Rhinovirus lebih menyukai udara yang lebih dingin. Karena pada suhu tubuh normal, virus ini cenderung melakukan bunuh diri sel atau apoptosis. 
Sehingga ia akan lebih kuat saat suhu udara rendah sehingga seseorang lebih mudah terserang flu.(Nur Rohmi Aida)

Baca Juga: Ini manfaat dan efek samping daun jeruk purut untuk kesehatan

Selanjutnya: Ini makanan yang baik dikonsumsi penderita darah rendah

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Musim Hujan Telah Tiba, Cegah Flu dan Pilek dengan 6 Cara Ini"

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru