kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini manfaat dan efek samping daun jeruk purut untuk kesehatan


Senin, 09 November 2020 / 14:19 WIB
Ini manfaat dan efek samping daun jeruk purut untuk kesehatan
ILUSTRASI. Daun jeruk purut


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun jeruk purut tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur. Berikut manfaat dan efek samping daun jeruk purut untuk kesehatan.  

Daun jeruk purut sudah sering digunakan sebagai penyedap berbagai masakan. Namun tahukah kamu jika manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan sebenarnya berlimpah?

Baca Juga: Ini makanan yang baik dikonsumsi penderita darah rendah
 
Sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat daun jeruk purut, sehingga tidak jarang bahan ini dijadikan solusi alami berbagai penyakit. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini penjelasannya. 

1. Membunuh bakteri penyebab penyakit 

Pada sebuah penelitian di laboratorium, minyak atsiri yang didapatkan dari daun jeruk purut terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri E.Coli dan S. Aureus. Bakteri E.Coli adalah penyebab utama diare yang sering terjadi. 

Bakteri ini juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih maupun pneumonia bakteri. Sementara itu, S. Aureus adalah bakteri yang menyebabkan terjadinya bisul di kulit, abses, serta selulitis. 

Bakteri ini juga bisa menimbulkan beberapa infeksi yang lebih parah seperti pneumonia, infeksi aliran darah, dan endokarditis. 

2. Menjaga kesehatan gusi 

Ekstrak daun dari buah jeruk purut sudah digunakan sebagai campuran beberapa pasta gigi organik. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Sebab, ekstrak daun jeruk purut dianggap mampu menyehatkan rongga mulut. 

Daun ini dipercaya dapat mengurangi penumpukan bakteri di rongga mulut yang bisa menjadi pemicu berbagai masalah gusi maupun gigi. 

3. Meredakan peradangan 

Manfaat daun jeruk purut selanjutnya adalah membantu meredakan peradangan pada sendi akibat rematik maupun asam urat. Anda dapat mengoleskannya ekstrak daun jeruk di area yang nyeri untuk meredakannya. 

Namun perlu diingat bahwa cara ini belum terbukti secara ilmiah. Sehingga, kita tetap perlu berhati-hati saat mencobanya. 

4. Menyehatkan rambut 

Belum banyak yang tahu bahwa daun jeruk purut juga dinilai baik untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat yang satu ini memang belum terbukti secara ilmiah. 
Namun secara tradisional, mengoleskan air perasan dan daun jeruk purut ke rambut dianggap bisa memperkuat rambut, mencegah ketombe, dan meningkatkan kilau rambut. 

5. Mengusir nyamuk 

Mengusir nyamuk dan serangga adalah salah satu manfaat daun jeruk purut yang baik untuk kesehatan. Pada sebuah uji coba yang dilakukan menggunakan ekstrak daun jeruk purut, larutan tersebut terbukti bersifat toksin atau beracun untuk nyamuk ataupun serangga. 

Seperti yang diketahui, nyamuk bisa menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya, mulai dari demam berdarah, malaria, hingga chikungunya. Sehingga keberadaannya harus dibatasi di lingkungan sekitar kita. 

6. Mencegah penuaan di kulit 

Ekstrak daun jeruk purut dinilai dapat membantu mencegah penuaan di kulit. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan bisa membantu menangkal paparan radikal bebas berlebih yang akan merusak sel-sel di kulit. 

Saat sel di kulit rusak, maka tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus akan muncul. Perlu diketahui bahwa penelitian-penelitian yang dilakukan di atas, belum dilakukan secara klinis atau langsung kepada manusia. 

Oleh karena itu, kita perlu tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Penggunaan daun jeruk purut tidak dianjurkan untuk dijadikan sebagai satu-satunya cara mengobati penyakit. 

Konsultasikan kondisi atau keluhan gangguan kesehatan lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan penanganan utama yang tepat. 

Daun jeruk purut bisa sebabkan alergi 

Meski daun jeruk purut adalah bahan alami, kita tetap perlu memerhatikan keamanan penggunaannya. 

Jika ingin menggunakan ekstrak daun jeruk purut, pastikan tidak mengonsumsinya secara langsung, karena bisa memicu efek samping, seperti: 

  • Mual 
  • Muntah 
  • Pusing 

Kita juga perlu memperhatikan tanda-tanda alergi yang mungkin muncul apabila mengoleskannya ke permukaan kulit. Beberapa gejala alergi antara lain: 

  • Gatal-gatal 
  • Bentol dan ruam di kulit 
  • Bengkak di area wajah, rongga mulut, ataupun bagian lain 
  • Bersin atau pilek 

Segera cari pertolongan medis apabila reaksi alergi yang keluar menyebabkan sesak napas dan pembengkakan di area tenggorokan. Jika dibiarkan, reaksi alergi yang parah bisa berkembang menjadi syok anafilaktik dan membahayakan nyawa. 

Untuk mencegah reaksi alergi berbahaya, sebelum menggunakan daun jeruk purut ke kulit, oleskan sedikit terlebih dahulu di area kulit tangan dan tunggu 15-20 menit. Jika tidak ada reaksi yang muncul, maka kemungkinan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan tersebut.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Rasanya segar, minum infused water mentimun efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Selanjutnya: Segar dan asam, mana yang lebih sehat jeruk lemon atau jeruk nipis?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daun Jeruk Purut, Manfaatnya Seharum Wanginya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×