Tips Sehat

Tidak ingin asam urat kumat? Hindari 4 jenis minuman ini

Jumat, 11 Juni 2021 | 13:55 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Tidak ingin asam urat kumat? Hindari 4 jenis minuman ini

ILUSTRASI. Minum soda


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi disebabkan banyak hal salah satunya konsumsi makanan dan minuman tinggi purin. Ini minuman yang bisa memicu asam urat tinggi. 

Asam urat, salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Penyakit ini tidak bersifat menular tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau perempuan.

Baca Juga: Segar dan manis, air rendaman ceri efektif menurunkan asam urat tinggi

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, dan hati sapi. 

Perlu Anda ketahui, beberapa jenis minuman bisa memicu naiknya kadar asam urat. 

Anda tidak inginkan asam urat kumat? 

Berikut minuman yang bisa memicu naiknya kadar asam urat. 

1. Alkohol 

Penderita asam urat sebaiknya menghindari minuman yang mengandung alkohol. 

Mengutip dari Kompas.com, alkohol mengandung purin. Alkohol memicu keluarnya cairan sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam darah. 

2. Jus jeruk kalengan 

Jus jeruk memang kaya vitamin C. Tapi jus jeruk kalengan tidak baik untuk kesehatan tubuh bila diminum dua kali sehari secara rutin. 

Jus jeruk kalengan dan minuman manis kalengan lainnya mengandung gula tinggi. Para peneliti dari Universitas Boston menyatakan kandungan gula yang tinggi atau fruktosa bisa menyebabkan endapan asam urat di dalam sendi serta menimbulkan rasa nyeri. 

3. Minuman soda

Bila Anda tidak ingin asam urat kumat sebaiknya hindari minum soda Mengutip dari Tribunnews.com, minuman soda mengandung pemanis buatan yang tinggi. 

Kandungan tersebut bisa memicu naiknya asam urat. 

4. Minuman berenergi 

Sama dengan soda, jenis minuman ini juga mengandung gula tinggi. Kandungan tersebut meningaktakan risiko asam urat tinggi. 

Baca Juga: Segar dan nikmat, jus sirsak efektif menurunkan asam urat tinggi

Selanjutnya: Daun alpukat bisa membantu menurunkan asam urat tinggi

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru