kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tidak hanya stres, ini loh penyebab munculnya rambut beruban


Jumat, 20 Agustus 2021 / 16:21 WIB
Tidak hanya stres, ini loh penyebab munculnya rambut beruban
ILUSTRASI. Rambut beruban


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uban alias rambut putih cukup mengganggu penampilan. Tidak hanya stres, ini faktor pemicu munculnya uban.  

Memiliki rambut putih atau uban pasti akan dialami oleh semua orang. Biasanya, uban muncul saat mulai menginjak usia "kepala 4". 

Baca Juga: Ini 8 bahan alami yang bisa membantu meredakan jerawat

Namun, ada juga yang berubah di usia awal 20 tahun atau pada usia muda. Mengapa uban bisa muncul pada usia muda? 

Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)/RSUD Prof Dr Margono Soekardjo, Ismiralda Oke Putranti mengatakan, bisa jadi karena faktor genetik. 

Selain itu, uban yang muncul pada usia muda bisa terjadi karena berkurangnya melanosit. Melanosit merupakan sel penghasil pigmen/warna rambut. 

Berkurangnya melanosit terjadi karena beberapa faktor. Jika fungsi melanosit menurun atau terhenti fungsinya, maka akan timbul uban. 

"Faktor yang paling berperan pada ubanan terutama faktor genetik. Bila dalam keluarga banyak yang mengalami ubanan pada usia muda ya memang secara genetik usia melanosit dalam rambutnya relatif pendek," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, Minggu (16/8/2020).  

Faktor lainnya, seperti kekurangan asupan gizi terutama vitamin B12, kekurangan vitamin D, mineral cooper, zinc, dan zat besi. 

Ada pula faktor lainnya yang mempengaruhi yakni penyakit terkait hormon tiroid dan kondisi-kondisi penyakit autoimun yang menyebabkan kerusakan/kematian melanosit seperti pada vitiligo yang bisa menyebabkan seseorang beruban. 

Selain itu, kondisi-kondisi yang menyebabkan stress oksidatif akibat tingginya jumlah radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh. 

"Kondisi yang mengakibatkan ubanan bisa dari kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, stress fisik berlebihan maupun psikogenik juga dikatakan mempercepat seseorang masuk dalam penuaan dini termasuk terjadinya uban," ujar Oke.  

Munculnya uban juga dapat terjadi karena penggunaan bahan kimia yang diaplikasikan pada rambut. Bahan kimia ini dapat merusak melanosit. 

"Penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut juga menjadi salah satu faktor rusaknya melanosit rambut sehingga tumbuhnya menjadi uban," ujar Oke. 

Tidak hanya pada rentang usia 20-40 tahun saja yang berpotensi tumbuh uban. Uban juga bisa muncul pada anak-anak, biasanya karena kondisi genetik albino, pebaldisme, dan vitiligo pada area kepala berambut. 

Upaya pencegahan uban 

Untuk mencegah terjadinya uban, dapat dilakukan dengan beberapa cara dengan disesuaikan berdasarkan faktor pencetusnya. 

Namun, tindakan pencegahan uban akan lebih sulit pada kondisi-kondisi dengan kelainan genetik dan autoimun. 

"Pencegahan terjadinya uban akan sulit pada kondisi kelainan genetik dan auto imun. Tapi pada kasus yang dipengaruhi oleh stres oksidatif, kekurangan asupan gizi, dan gaya hidup bisa dilakukan tindakan pencegahannya," ujar Oke. 

Ia menjelaskan, metode yang dapat dicoba untuk mencegah timbulnya uban pada usia muda yakni menjalankan pola hidup sehat melalui makan dan minum dengan asupan gizi yang baik dan kandungan mineral yang tercukupi. 

Upaya lainnya, hindari konsumsi alkohol dan rokok. "Bisa juga dengan penambahan suplemen antioksidan, manajemen stres, mengurangi paparan bahan kimia pada rambut yang sekiranya dapat membantu menghambat tumbuhnya uban seklaigus menghambat penuaan dini secara umum," lanjut dia.

Baca Juga: Teh herbal penurun asam urat tinggi yang bahannya mudah didapat

Selanjutnya: Bahannya mudah didapat! Ini infused water buah penurun kolesterol tinggi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Uban Bisa Muncul pada Usia Muda?", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×