kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tidak hanya segar, jus nanas efektif menurunkan asam urat tinggi


Rabu, 12 Mei 2021 / 04:50 WIB
Tidak hanya segar, jus nanas efektif menurunkan asam urat tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda menderita asam urat? Jus nanas efektif menurunkan asam urat tinggi, bila diminum secara rutin. 

Buah nanas tidak hanya tenar ampuh mengobati batuk. Buah nanas yang diolah menjadi jus efektif mengobati asam urat.  

Baca Juga: Asam urat kumat? Minum air mentimun bisa meredakan asam urat tinggi

Untuk sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan penyakit asam urat. Maklum saja, asam urat jadi salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. 

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Menurut buku berjudul 202 Jus Buah dan Sayuran, seseorang dikatakan terkena penyakit asam urat bila kadar asam urat dalam tubuh melebihi 7mg%. 

Sekedar info, seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Penderita asam urat punya beberapa cara untuk menurunkan kadar asam uratnya. Pertama, penderita asam urat bisa minum obat resep dokter secara rutin. 

Kedua, penderita asam urat bisa minum obat herbal atau konsumsi sayuran dan buah yang memiliki khasiat menurunkan kadar asam urat. Sekedar info, cukup banyak buah yang dipercaya bisa menumpas asam urat, buah nanas salah satunya. 

Buah nanas menurunkan asam urat tinggi

Buah nanas banyak digunakan sebagai bahan membuat menu makanan dan minuman. Maklum saja, buah nanas memiliki rasa asam dan manis yang membuat rasa makanan dan minuman menjadi lebih nikmat dan segar.

Faktanya, nanas banyak digunakan dalam dunia pengobatan. Tidak heran, buah nanas mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. 

Salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah sebagai obat asam urat. Buah nanas mengandung enzim bromelin yang berperan sebagai antiradang untuk kasus artritis alias peradangan dan pembengkakan pada tulang persendian. 

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mengolah nanas menjadi jus buah yang segar dan nikmat. 

Anda siapkan buah nanas 100 gram, air jeruk 1/2 gelas, air jahe 1 sendok teh, daun mint 6 lembar, dan es batu. 
 
Anda cuci buah nanas dan daun mint sampai bersih. Kemudian, Anda masukkan semua bahan ke dalam blender. Setelah tercampur rata dan halus, Anda minum jus nanas selagi dingin. 

Anda sebaiknya minum jus nanas secara rutin dan menghindari konsumsi makanan serta minuman yang mengandung tinggi purin.

Baca Juga: 7 Sayuran yang efektif menurunkan asam urat tinggi

Selanjutnya: Segar dan lezat, ini 4 jus buah yang bisa menurunkan asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×