kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,72   6,12   0.62%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segar dan lezat, ini 4 jus buah yang bisa menurunkan asam urat tinggi


Senin, 10 Mei 2021 / 04:55 WIB
Segar dan lezat, ini 4 jus buah yang bisa menurunkan asam urat tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi dipicu oleh banyak hal salah satunya dari makanan dan minuman. Ini 4 jus buah yang bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Anda pernah mendengar penyakit asam urat?

Baca Juga: Penderita asam urat wajib tahu! Ini bumbu dapur yang bisa menurunkan asam urat tinggi

Untuk sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan penyakit asam urat. Maklum saja, asam urat jadi salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Menurut buku berjudul 202 Jus Buah dan Sayuran, seseorang dikatakan terkena penyakit asam urat bila kadar asam urat dalam tubuh melebihi 7mg%. 

Sekedar info, seseorang menderita asam urat karena meningkatnya produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Penderita asam urat punya beberapa cara untuk menurunkan kadar asam uratnya. Pertama, penderita asam urat bisa minum obat resep dokter secara rutin. 

Kedua, penderita asam urat bisa minum obat herbal atau konsumsi sayuran dan buah yang memiliki khasiat menurunkan kadar asam urat. 

Jus buah penurun asam urat 

Beberapa jenis buah-buahan memang memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, contohnya seperti pepaya dan semangka.

Buah-buahan tersebut bisa Anda konsumsi secara langsung. Namun, bila bosan Anda bisa mengolah buah tersebut menjadi jus buah yang segar. 

Melansir dari buku berjudul Tanaman Obat & Jus Untuk Asam Urat & Rematik karya Ir. Lukas Tersono Adi, jus buah kaya akan air yang bermanfaat mengeluarkan racun dan kelebihan asam urat melalui urine. 

Jus buah ini bisa jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia untuk mengobati asam urat.

Alih-alih membeli jus buah di toko, Anda bisa membuat jus buah untuk obat asam urat di rumah.  

Berikut jus buah dan sayur yang efektif menurunkan asam urat. 

1. Jus Stroberi 

Jus buah stroberi juga efektif meredakan asam urat Anda. Hal ini disebabkan stroberi mengandung vitamin C, B2, asam folat, kalium, magnesium, flavonoid. 

Seorang botani asal Swedia telah membuktikan buah stroberi efektif mengatasi rematik dan asam urat. 

2. Jus pepaya 

Melansir dari buku berjudul Terapi Jus untuk Rematik & Asam Urat, buah pepaya baik untuk penderita asam urat. 

Buah pepaya mengandung vitamin A, B1, C, Kalsium, Fosfor, dan zat Besi. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya bermanfaat meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine. 

Anda sebaiknya memilih buah pepaya yang matang sempurna untuk dijadikan jus. Membuat jus pepaya untuk obat asam urat cukup mudah. 

Anda potong-potong 125 gram pepaya matang. Anda blender buah pepaya tanpa air lalu minum sekaligus. 

Anda minum jus pepaya satu kali sehari 2-3 jam setelah makan. 

3. Jus semangka 

Semangka salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan kaya akan mineral. 

Nyatanya, buah semangka baik untuk penderita asam urat. Buah semangka mengandung vitamin A, C, B2, Kalium, Fosfor, Flavonoid, dan Likopen. 

Kandungan air yang melimpah dalam buah semangka berperan untuk meluruhkan asam urat. Jus semangka pun bisa mengobati asam urat Anda. 

4. Jus nanas

Salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah sebagai obat asam urat. Buah nanas mengandung enzim bromelin yang berperan sebagai antiradang untuk kasus artritis alias peradangan dan pembengkakan pada tulang persendian. 

Alih-alih dikonsumsi langsung, Anda bisa mengolah buah nanas menjadi jus untuk mengobati asam urat. Berikut resep membuat jus nanas untuk obat asam urat.  

Bahan 

  • Buah nanas 100 gram 
  • Air jeruk 1/2 gelas 
  • Air jahe 1 sendok teh
  • Daun mint 6 lembar 
  • es batu 

Anda cuci buah nanas dan daun mint sampai bersih. Kemudian, Anda masukkan semua bahan ke dalam blender. Setelah tercampur rata dan halus, Anda minum jus nanas selagi dingin. 

Anda sebaiknya minum jus buah di atas secara rutin. Selain itu, Anda harus menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi serta olahraga secara teratur agar kadar asam urat mendekati nilai normal. 

Baca Juga: Kompres es batu bisa meredakan nyeri asam urat dengan cepat

Selanjutnya: Menderita asam urat? Daun mangga bisa menurunkan asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×