Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Cara Mencegah Asma Tidak Kambuh Setiap Hari

Selasa, 09 Agustus 2022 | 06:50 WIB Sumber: Kompas.com
Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Cara Mencegah Asma Tidak Kambuh Setiap Hari

ILUSTRASI. Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Cara Mencegah Asma Tidak Kambuh Setiap Hari


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyakit asma tidak bisa disembuhkan. Cara terbaik mengatasi asma adalah mencegah agar tidak kambuh.

Cara mencegah asma kambuh harus dilakukan secara rutin. Pasalnya, saat asma kambuh bisa mengganggu aktivitas lainnya.

Asma adalah salah satu penyakit tidak menular, yang bisa memengaruhi segala usia dari anak-anak hingga dewasa. Dilansir dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peradangan dan penyempitan saluran udara kecil di paru-paru menyebabkan gejala asma.

Beberapa gejala asma meliputi batuk, napas berbunyi (mengi), sesak napas, dan dada terasa berat. Gejala asma ini memiliki ciri khas sering kali timbul bila ada faktor pencetus, berulang dan di antaranya ada periode bebas serangan.

Asma juga sering kambuh dan memburuk pada malam hari atau dini hari, serta bisa reda dengan pengobatan dan terkadang dapat reda tanpa pengobatan.

Dituliskan Mayo Clinic, asma tidak bisa disembuhkan, tapi gejalanya bisa dikendalikan. Dikarenakan asma sering berubah dari waktu ke waktu, penting untuk mengkonsultasikannya ke dokter, melacak tanda dan gejala serta menyesuaikan perawatan sesuai kebutuhan.

Faktor pencetus asma

Perlu diketahui, beberapa hal dapat menjadi faktor pencetus asma. Faktor pencetus merupakan faktor yang dapat memicu timbulnya asma yang tidak selalu sama untuk setiap individu penderita asma.

Baca Juga: Bukti Ilmiah, Buah Alpukat Bermanfaat Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Ini Caranya

Beberapa faktor yang bisa menimbulkan asma sebagai berikut:

  • Tungau debu yang bisa terletak di bantal, kasur kapuk, karpet, sofa kain, boneka berbulu, dan tirai
  • Bulu binatang seperti anjing, kucing, kelinci, dan burung
  • Perubahan cuaca
  • Bau-bauan yang menusuk seperti obat pembersih serangga dan minyak wangi
  • Asap obat nyamuk bakar
  • Asap rokok
  • Polusi kendaraan bermotor
  • Asap rumah tangga seperti tungku kayu bakar
  • Obat-obatan tertentu seperti aspirin, antibiotik, pereda nyeri, dan penurun demam
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Serbuk sari bunga
  • Emosi berlebihan baik sedih maupun tertawa terbahak-bahak
  • Makanan, minuman dingin, penyedap rasa, pengawet, dan pewarna makanan
  • Kecapaian dan kekelahan fisik

Cara mencegah asma kambuh

Orang yang mengalami asma dan tidak diobati dapat menderita gangguan tidur, kelelahan, dan gangguan konsentrasi. Jika gejalanya memburuk, penderita asma mungkin memerlukan perawatan kesehatan darurat, bahkan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Asma yang terus berlanjut dapat membuat penyempitan secara permanen pada tabung yang membawa udara ke dan dari paru-paru, yang memengaruhi seberapa baik seseorang bisa bernapas. Bahkan, dalam kasus yang paling parah, asma bisa menyebabkan kematian.

Meskipun tidak ada cara untuk mencegahnya, beberapa langkah bisa dilakukan agar serangan asma tidak terjadi, seperti:

1. Obat

Cara pertama mencegah asma kambuh adalah konsumsi obat secara rutin. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau tim medis untuk menuliska secara terperinci terkait obat dan mengelola serangan asma. Asma menjadi kondisi berkelanjutan yang membutuhkan pemantauan dan perawatan rutin.

2. Vaksinasi influenza dan pneumonia

Cara kedua mencegah asma kambuh adalah vaksinasi influenza dan pneumonia. Sebagai salah satu upaya untuk mencegah serangan asma, dapat dilakukan dengan melakukan vaksinasi influenza maupun pneumonia, yang bisa memicu kambuhnya asma.

3. Hindari pemicu asma

Cara ketiga mencegah asma kambuh adalah menghindari faktor-faktor pemicu asma. Sebelumnya telah dituliskan sejumlah alergen dan iritan di luar ruangan yang bisa memicu serangan asma. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui faktor pencetus asma dari masing-masing penderita, agar bisa menghindarinya.

4. Identifikasi dan obati serangan sejak dini

Cara keempat mencegah asma kambuh adalah identifikasi dan mengobati serangan sejak dini. Jika bertindak secara cepat, maka seseorang cenderung tidak mengalami serangan asma yang parah, termasuk tidak memerlukan banyak obat untuk mengendalikan gejala asma.

Anda dapat menghentikan aktivitas-aktivitas yang mungkin memicu serangan. Jika gejala tidak membaik, segera dapatkan bantuan medis.

5. Minum obat sesuai resep

Cara kelima mencegah asma kambuh adalah minum obat sesuai resep dokter. Jangan mengganti obat asma yang dikonsumsi tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter, bahkan jika asma tampak membaik. Dokter dapat memastikan penggunaan obat dengan benar dan mengambil dosis yang tepat.

Itulah berbagai cara mencegah asma kambuh. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Bisa Disembuhkan, Ini 5 Cara Mencegah Asma Kambuh",


Penulis : Mela Arnani
Editor : Bestari Kumala Dewi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru