Tetap menjaga protokol kesehatan saat bersilaturahmi

Selasa, 18 Mei 2021 | 08:55 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
Tetap menjaga protokol kesehatan saat bersilaturahmi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satu tahun sudah pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Meski satu tahun sudah terlewati grafik perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini masih cukup tinggi.

Perayaan hari-hari besar di tahun ini seperti tahun baru China atau Imlek dan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran juga dirayakan secara berbeda oleh umat Muslim di Indonesia dan dunia. Situasi pandemi virus corona membuat pergerakan masyarakat dibatasi.

Berkunjung ke rumah sanak saudara menjadi salah satu tradisi wajib ketika adanya perayaan hari-hari besar. Kendati demikian, ada kekhawatiran, jika perayaan berjalan seperti tradisi selama ini, saling berkunjung dan berkumpul keluarga besar, akan berpotensi penyebaran virus corona.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Senin (17/5): Tambah 4.295 kasus, disiplin pakai masker

Seperti Chief Marketing & Customer Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama yang mengatakan, saat Lebaran dirinya hanya berkunjung ke rumah orang tuanya yang jaraknya hanya 1 km dari rumahnya.

"Saya berkunjung bersama pasangan dan anak. Kebetulan orang tua sudah di vaksin. Namun kami tetap sesuai protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," kata Vivin kepada kontan.co.id, Senin (17/5).

Vivin menceritakan, khusus di rumah orang tuanya, selalu menyediakan disinfectan spray, hand sanitizer, dan ada tempat cuci tangan, memakai masker terus dilakukan juga menjaga jarak.

"Waktu kunjungan juga tidak lama, saya juga tidak bertemu dengan teman. Jadi selama liburan kami memilih di rumah saja," ujar Vivin.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Indonesia lebih baik dibanding global, jangan lengah tetap 5M

Sementara itu, CEO PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) Ivan Nikolas Tambunan mengatakan, saat Lebaran dirinya berkunjung ke rumah keluarga besar, tetapi tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker.

"Saya datang bersama anak istri saya, tapi ya harus hati-hati, dengan pakai masker, dan jaga jarak juga. Terkadang suka kebablasan misalnya foto bareng," ungkap Ivan.

Kendati demikian Ivan menyebut, dirinya belum berkunjung ke rumah temannya, dan baru ke rumah keluarga. "Kalaupun dengan teman, ketemunya seperlunya dan bisa di luar, kalau bisa yang outdoor," kata Ivan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Tag
Terbaru