kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terong mampu cegah kanker, apa sebabnya?


Senin, 24 Oktober 2016 / 15:09 WIB
Terong mampu cegah kanker, apa sebabnya?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Banyak orang suka makan tanaman terong, tetapi mungkin tak pernah tahu manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari Boldsky.com, terong atau terung ternyata mengandung banyak zat yang berfungsi sebagai antioksidan, seperti asam caffeic, klorogenat, dan nasunin.

Antioksidan merupakan zat yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Penelitian menunjukkan, paparan radikal bebas yang terus menerus bisa memicu berbagai penyakit, seperti kanker, jantung, dan kerusakan DNA.

Kandungan nasunin yang bersifat antioksidan dalam terong memiliki fungsi dapat menyehatkan otak. Nasunin melindungi lipid atau lemak di membran otak dari ancaman radikal bebas.

Antioksidan dalam terong juga membantu mencegah stres oksidatif pada sistem kardiovaskular. Itulah mengapa makan terong dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung.

Selain kaya antioksidan, sayuran berwarna ungu ini juga tinggi serat. Serat membantu menurunkan Kolesterol dan membantu memperlancar alirah darah. Kandungan serat ini baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Serat juga memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Sementara itu, kandungan vitamin B di terong berguna untuk meningkatkan energi, baik untuk sistem saraf, dan menjaga keseimbangan hormon.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk konsumsi terong. Sebab, terong kaya vitamin dan rendah kalori.

Manfaat lainnya, terong ternyata mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan tulang yang kuat, seperti mangan, kalium, dan magnesium.

Bahkan, sejumlah ilmuwan percaya, makan terong dapat membantu mengatasi jenis tertentu dari kanker kulit. Sebab, dalam terong mengandung fitokimia yang disebut BEC5. BEC5 itu dipercaya dapat membantu membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat makan terong sebagai pembunuh sel kanker tertentu.

(Dian Maharani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×