Terkenal pahit, ini manfaat sambiloto sebagai obat herbal

Kamis, 12 November 2020 | 17:52 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Terkenal pahit, ini manfaat sambiloto sebagai obat herbal

ILUSTRASI. Ilustrasi. Manfaat sambiloto sebagai obat herbal.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sambiloto tanaman apotek hidup yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Ini manfaat sambiloto sebagai obat herbal yang efektif menumpas beberapa jenis penyakit. 

Pernahkah Anda mendengat sambiloto? 

Penderita rematik dan asam urat pasti tidak asing dengan tanaman ini. Ya, sambiloto merupakan tanaman herbal yang dipercaya bisa menyembuhkan rematik dan asam urat. 

Baca Juga: Berikut manfaat daun cermai sebagai obat herbal yang wajib Anda ketahui

Mengutip dari buku Tanaman Obat untuk Mengatasi Rematik dan Asam Urat, karya Prapti Utami, sambiloto merupakan tanaman asli India. 

Di tanah air, sambiloto banyak tumbuh di Jawa, Sulawesim Nusa Tenggara, dan Maluku. 

Tanaman sambiloto mudah ditemukan di ladang atau halaman rumah. Jangan heran, sambiloto merupakan tanaman obat keluarga (TOGA). 

Tanaman sambiloto berbentuk terna dengan tinggi sekitar 35-95 cm. Daun sambiloto berbentuk memanjang dan berwarna hijau. 

Sedangkan, bunga sambiloto berukuran kecil dan berwarna putih keunguan. Dan, buah sambiloto berwarna hijau kekuningan. 

Tenar sebagai tanaman herbal, sambiloto mengandung banyak senyawa aktif yakni flavonoid, alkane, aldehid, keton, kalium, kalsium, dan natrium. Selain itu, sambiloto memiliki sifat antiradang, penghilang nyeri, dan penawar racun. 

Jadi jangan heran bila sambiloto tenar di dalam dunia pengobatan herbal. 

Manfaat sambiloto sebagai obat herbal

Sambiloto terkenal dengan rasanya yang pahit. Sebab, sambiloto mengandung zat pahit yang terdapat di daun dan batangnya. 

Berdasarkan buku berjudul Tumbuhan Obat & Khasiatnya 3, seluruh bagian sambiloto bisa digunakan sebagai bahan baku obat.

Berikut manfaat sambiloto sebagai obat herbal. 

1. Obat diare 

Seseorang yang menderita diare pasti merasa lemas karena buang air besar secara terus menerus dan kehilangan banyak cairan dalam tubuh. 

Umumnya, penderita diare minum obat anti diare untuk menghentikan penyakitnya. Untuk Anda yang enggan minum obat kimia, daun sambiloto efektif mengobati diare. 

Anda bisa membuat racikan obat herbal diare dari sambiloto ini di rumah karena bahan dan caranya cukup mudah. 

Bahan 

  • Daun sambiloto kering 13 gram 
  • Madu 1 sendok 
  • Air 4 gelas 

Anda rebus daun sambiloto kering sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 2 gelas. Anda bagi dua air rebusan daun sambiloto sama banyak. 

Anda tambahkan satu sendok madu ke dalam satu gelas air rebusan sambiloto. Kemudian, Anda minum satu gelas air rebusan daun sambiloto dua kali sehari. 

2. Flu, sakit kepala, emam, dan radang paru

Musim pancaroba dan hujan tiba, flu jadi salah satu penyakit yang sering datang menghampiri Anda. 

Sambiloto dipercaya efektif mengobati flu, sakit kepala, demam dan radang paru. Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup tumbuk 1 gram tanaman sambiloto lalu rebus dengan satu gelas air. 

Anda minum air rebusan sambiloto tiga kali sehari. 

3. Obat diabetes melitus 

Sambiloto mengandung antioksidan yang berperan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Inilah yang membuat sambiloto dipercaya sebagai obat diabetes melitus alis kencing manis. 

Berikut bahan dan cara membuat racikan sambiloto untuk penyakit diabetes melitus dikutip dari Buku Toga,  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. 

Bahan 

  • Sambiloto 25 lembar 
  • Daun kumis kucing 25 lembar 
  • Air 110 ml 

Anda cuci bersih daun sambiloto dan kumis kucing di bawah air mengalir. Lalu, Anda rebus daun sambiloto dan kumis kucing sampai mendidih. 

Anda minum air rebusan daun sambiloto tersebut satu kali sehari dengan takaran 100 ml. 

4. Asam urat 

Sambiloto juga banyak digunakan sebagai obat herbal asam urat. Hal ini disebabkan, sambiloto mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi sambiloto. Sebab, ada cara khusus untuk membuatnya efektif meredakan asam urat. 

Bahan

  • Sambiloto kering 10 gram 
  • Temulawak 10 gram 
  • Lada 1 gram 
  • Komfrey 5 gram - 10 gram 
  • Air 5 gelas 

Anda satukan semua bahan-bahan di atas dan rebus hingga mendidih. Anda rebus bahan tersebut sampai menyisakan sekitar tiga gelas 

Anda minum segelas air rebusan sambiloto sebanyak gtiga kali sehari. Anda sebaiknya minum air rebusan sambiloto satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

5. Penurunkan tekanan darah tinggi 

Anda penderita darah tinggi? Sambiloto bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Asal tahu saja, sambiloto mengandung kalium yang berperan mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Untuk merasakan manfaatnya cukup menyeduh tujuh lembar daun sambiloto segar dengan satu cangkir air panas. 

Anda biarkan air seduhan sambiloto sekitar tiga menit lalu tambahkan satu sendok madu. Anda minum ramuan herbal sambiloto tersebut tiga kali sehari. 

Sambiloto memang efektf mengobati sejumlah penyakit, namun ada baiknya Anda berkosultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal sambiloto.

Baca Juga: Duwet bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Selanjutnya: Yuk cari tahu penyebab dan cara mencegah terkena batuk kering

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru