Tanpa obat, simak cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Kamis, 18 Maret 2021 | 14:23 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa obat, simak cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

ILUSTRASI. Tanpa obat, simak cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Dokter biasanya memberikan obat untuk penderita darah tinggi atau hipertensi. Selain dengan obat, penyakit tekanan darah tinggi bisa diatasi secara alami. Kombinasi obat dan cara alami bisa lebih cepat menurunkan tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Orang yang sudah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi membutuhkan obat untuk mengontrol penyakitnya.

Perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa obat yang juga bermanfaat untuk menjaga gaya hidup sehat:

1. Kurangi stres

Stres kronis juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Terlebih jika stres disertai kebiasaan makan tidak sehat, merokok, dan minum alkohol. Coba kendalikan stres dengan mencari solusi mendasarnya.

Setelah itu, imbangi dengan kegiatan yang bisa membuat pikiran rileks. Misalkan dengan bersantai, melakukan kegiatan yang disukai, mendengarkan musik, serta melakukan meditasi dan latihan pernapasan dalam.

Baca juga: Jarang yang tahu, ini khasiat sayur kubis untuk kesehatan

 

2. Atur berat badan dan lingkar pinggang ideal

 

Tekanan darah bisa meningkat seiring kenaikan berat badan. Untuk itu, cara menurunkan berat badan tanpa obat perlu melibatkan pengaturan berat badan. Secara umum, kita dapat mengurangi tekanan darah sekitar 1 mmHg dalam setiap penurunan kilogram berat badan.

Tak hanya menjaga berat badan tetap ideal, pastikan penderita tekanan darah tinggi menjaga lingkar pinggang. Untuk pria, batas aman lingkar pinggang adalah di bawah 102 centimeter. Sedangkan untuk wanita, batas amannya di bawah 89 centimeter.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru