kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa obat, ini tips mengatasi nyeri haid yang selalu mengganggu


Jumat, 02 Juli 2021 / 03:15 WIB
Tanpa obat, ini tips mengatasi nyeri haid yang selalu mengganggu


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri haid dialami sebagian wanita saat menstruasi. Jika Anda termasuk yang mengalami gangguan nyeri haid, berikut cara mengatasinya tanpa obat-obatan.

Untuk menghindari hal-hal lain yang lebih serius, ada beberapa cara meredakan nyeri haid yang bisa Anda coba. Dengan mempraktikkannya, diharap rasa sakit yang Anda alami dapat berkurang.

Beberapa obat yang dijual di apotek bisa Anda konsumsi supaya nyeri haid berkurang. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya dalam pengawasan dokter, ya. Jika Anda tak berkonsultasi dulu dengan dokter, dikhawatirkan rasa sakit yang Anda alami justru semakin parah.

Selain mengonsumsi obat apotek, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Meski demikian, Anda harus selalu memerhatikan kondisi. Jika nyeri haid justru bertambah parah dan dibarengi dengan gejala lain, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Yoga

Melansir Healthline (healthlin.com), yoga termasuk salah satu cara meredakan nyeri haid yang dapat Anda praktikkan. Menurut sebuah penelitian, wanita yang rutin yoga selama 60 menit sebanyak satu kali dalam seminggu tidak terlalu mengalami nyeri haid.

Baca Juga: Ciri-ciri orang mandul secara fisik untuk wanita dan pria

Air Putih

Nyeri haid yang Anda alami bisa berkurang saat Anda minum banyak air putih, lo. Saat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, nyeri yang Anda rasakan bisa semakin parah. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk minum minimal delapan gelas air putih per hari.

Essential Oil

Cara meredakan nyeri haid berikutnya yang direkomendasikan Healthline adalah dengan memanfaatkan essential oil. Misalnya, lavender, kayu manis, cengkih, mawar, dan lain sebagainya. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur essential oil pilihan Anda dengan carrier oil, seperti minyak kelapa. Setelah teraduk rata, gosokkan campuran minyak itu di antara kedua telapak tangan lalu pijatkan pada perut secara perlahan. Pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit akan mengurangi kram dan nyeri akibat menstruasi.

Baca Juga: Perlu dicoba, inilah 5 cara mengatasi mual saat hamil

Hindari Kafein

Menghindari kafein bisa jadi salah satu cara meredakan nyeri haid.

Menghindari konsumsi kafein selama menstruasi juga bisa mengurangi rasa nyeri. Kafein bisa menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman di bagian perut sehingga membuat nyeri haid semakin parah. Selain kafein, sebaiknya hindari pula makanan dengan rasa asin, alkohol, dan makanan berlemak.

Selanjutnya: Inilah 4 gejala kanker serviks yang perlu Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×