Ciri-ciri orang mandul secara fisik untuk wanita dan pria

Rabu, 09 Juni 2021 | 06:37 WIB Sumber: Kompas.com
Ciri-ciri orang mandul secara fisik untuk wanita dan pria

ILUSTRASI. Ilustrasi Pasangan di Tempat Tidur Memiliki Masalah/Krisis. Ciri-ciri orang mandul secara fisik untuk wanita dan pria

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mandul menjadi ketakutan banyak orang karena bisa tidak memiliki keturunan. Bagaimana ciri-ciri orang mandul secara fisik? Apa penyebab mandul?

Ciri-ciri orang mandul atau infertilitas sering dikaitkan dengan beberapa kondisi. Misalnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), 10 hingga 15 persen kasus klamidia yang tidak diobati akan menyebabkan penyakit radang panggul pada wanita.

Penyakit ini dapat menyebabkan penyumbatan saluran tuba pada wanita yang mencegah pembuahan. Selain itu, ada banyak kondisi yang dapat menjadi penyebab mandul, baik wanita dan pria.

Ciri-ciri orang mandul

Ciri-ciri orang mandul sangat bervariasi. Berikut ini beberapa ciri-ciri orang mandul pada pria ataupun wanita.

Merangkum dari Mayo Clinic, ciri-ciri orang mandul pada pria adalah ketidakmampuan untuk membuahi. Mungkin tidak ada tanda atau gejala lain yang jelas.

Namun, dalam beberapa kasus, masalah mendasar seperti kelainan bawaan, ketidakseimbangan hormon, pelebaran pembuluh darah di sekitar testis atau kondisi yang menghalangi jalannya sperma, menyebabkan tanda dan gejala.

Baca juga: Bank sperma ini kekurangan pasokan sperma, padahal sukarelawan diberi Rp 10 juta

Ciri-ciri orang mandul pada pria yang mungkin perlu diperhatikan meliputi hal-hal berikut.

  • Masalah dengan fungsi seksual, misalnya, kesulitan ejakulasi, hasrat seksual berkurang, atau kesulitan mempertahankan ereksi (disfungsi ereksi)
  • Nyeri, bengkak, atau benjolan di area testis Infeksi saluran pernapasan berulang
  • Ketidakmampuan untuk mencium
  • Ginekomastia, yakni kondisi ketika jaringan kelenjar payudara laki-laki membesar
  • Penurunan rambut wajah atau tubuh atau tanda-tanda lain dari kelainan kromosom atau hormonal hormonal
  • Jumlah sperma yang lebih rendah dari normal (kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani atau jumlah sperma total kurang dari 39 juta per ejakulasi)

Editor: Adi Wikanto
Terbaru