Tanpa obat, ini 7 cara mencegah keriput di kulit wajah

Kamis, 01 April 2021 | 09:59 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa obat, ini 7 cara mencegah keriput di kulit wajah

ILUSTRASI. Tanpa obat, ini 7 cara mencegah keriput di kulit wajah

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak orang rela merogoh kocok dalam-dalam untuk membeli obat dan perawatan kulit agar tidak wajah tidak keriput. Jika ingin paket hemat, ada cara murah mencegah keriput pada kulit wajah tanpa harus minum obat-obatan.

Keriput di wajah adalah kondisi wajar seiring penambahan usia. Keberadaan beberapa garis wajah ini bahkan dianggap bisa menambah karakter pada wajah. Tetapi bukan rahasia lagi, bahwa banyak orang lebih suka untuk bisa mengendalikan keriput.

Tanpa intervensi medis atau bedah, mungkin akan sulit untuk dapat membalik tampilan kulit setelah Anda memiliki keriput. Namun ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil dan perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat atau mencegah kemunculan keriput wajah.

Cara mencegah keriput kulit wajah

Kulit manusia secara normal akan kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia karena produksi kolagen melambat seiring waktu. Proses ini dapat diperburuk oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, polusi, dan kebiasaan gaya hidup tertentu.

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda cenderung menjadi lebih tipis dan lebih kering. Kulit yang tidak memiliki kelembapan atau volume sebanyak sebelumnya juga dapat membuatnya lebih rentan terhadap kerutan. Genetika dapat berperan dalam bagaimana kulit Anda menua dari waktu ke waktu. Ini dikenal sebagai penuaan intrinsik.

Tetapi, bahkan jika keluarga Anda memiliki kulit yang cenderung mudah keriput, Anda masih punya banyak kendali atas kulit Anda sendiri. Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa keriput tetap akan muncul di beberapa titik di wajah, merawat kulit Anda dengan baik bisa sangat membantu dalam menjaganya agar terbebas dari kerutan selama mungkin.

Baca juga: Tidak hanya stres, ini penyebab rambut rontok

Berikut ini adalah bebera cara mencegah keriput yang bisa dilakukan untuk membantu kulit wajah Anda terlihat sehat dan awet muda:

1. Lindungi diri dari sinar matahari

Cara pertama mencegah keriput wajah adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Melansir Health Line, sudah menjadi fakta umum bahwa paparan sinar matahari dapat merusak kulit Anda, menyebabkan penuaan dini dan keriput.

Menurut studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Jurnal Annals of Internal Medicine, penggunaan tabir surya secara teratur memiliki kemampuan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang merusak, sangat penting untuk menerapkan SPF antara 30 dan 50 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.

Pasalnya, sinar UV masih bisa menembus awan. Jadi jangan melewatkan tabir surya hanya karena cuaca sedang tidak cerah. Untuk perlindungan ekstra pada kulit, Anda bisa juga mengenakan topi bertepi lebar, pakaian berwarna terang yang memantulkan sinar matahari, dan kacamata hitam dengan pelindung UV.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru