Tanpa Obat dan Jamu, Ini Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Senin, 06 Juni 2022 | 13:57 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa Obat dan Jamu, Ini Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

ILUSTRASI. Tanpa Obat dan Jamu, Ini Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menghilangkan bau badan secara alami berikut  ini. Cara menghilangkan bau badan ini bisa Anda coba untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa dilakukan tanpa menggunakan obat ataupun jamu. Namun, cara menghilangkan bau badan secara alami ini harus dilakukan secara rutin dan teratur.

Bau badan adalah masalah umum yang dirasakan banyak orang di segala usia, baik pria maupun wanita. Aroma tak sedap yang dihasilkan sering membuat diri sendiri malu jika orang lain sampai menegur atau menjauh karena tidak nyaman.

Karena bau badan dapat memengaruhi kepercayaan diri, tidak mengherankan jika orang-orang yang mengalaminya mencari cara agar bau badannya hilang. Misalnya, memakai deodoran, antiperspiran, atau sengaja berdiam diri di ruangan ber-AC agar tidak mudah berkeringat.

Di sisi lain, masalah bau badan ini juga dapat diatasi dengan cara-cara alami seperti yang berikut ini dilakukan secara konsisten. Berikut  berbagai cara alami tanpa obat dan jamu untuk menghilangkan bau badan:

1. Mandi setiap hari

Cara pertama menghilangkan bau badan secara alami tanpa obat dan jamu adalah mandi setiap hari. Setiap orang sepertinya setuju jika mandi adalah langkah pertama untuk mengatasi bau badan, terlebih bagi mereka yang jarang membersihkan diri. Alasannya adalah mandi dapat mengangkat kotoran, debu, polusi, dan keringat yang menempel di kulit setelah seharian beraktivitas.

Selain itu, mandi juga bermanfaat untuk menghilangkan pertumbuhan bakteri yang mungkin terjadi pada kulit. Khusus untuk orang-orang yang rutin berolahraga setiap hari, mereka ada baiknya mandi dua kali sehari karena produksi keringat jauh lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga: Tanpa Obat-Obatan, Ini Daftar Makanan Peningkat Gairah Seksual

2. Gunakan minyak kelapa

Cara kedua menghilangkan bau badan secara alami tanpa obat dan jamu adalah menggunakan minyak kelapa. Salah satu solusi alami terbaik untuk bau badan adalah minyak kelapa karena bahan ini sarat dengan sifat antimikroba. Dengan begitu, mikroba pemicu bau badan dapat diatasi dan tidak banyak menumpuk di permukaan kulit.

Minyak kepala dapat dikonsumsi sekaligus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan yang merupakan faktor penting untuk mengatasi bau badan dan mulut.

3. Gosokkan buah jeruk di ketiak

Cara ketiga menghilangkan bau badan secara alami tanpa obat dan jamu adalah menggosokan buah jeruk di ketiak. Ketiak yang terhimpit oleh bagian dalam lengan dan tubuh bisa menjadi sarang bertumbuhnya bakteri dan penumpukan keringat. Jadi, jangan heran apabila bau dari ketiak tidak kalah "semerbak" saat tercium oleh orang lain.

Agar tidak malu-maluin, gosokkan buah jeruk, seperti lemon dan jeruk lainnya yang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, untuk mengatasi bau badan. Untuk diketahui, sifat asam dari lemon atau jeruk sangat membantu untuk mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya pada kulit.

Cara menggunakannya cukup potong lemon menjadi dua dan gosokkan pada ketiak setiap hari selama mandi. Tetapi pastikan untuk tidak menggosoknya jika memiliki ketiak yang baru saja di-wax karena akan terasa perih.

4. Oleskan daun mimba pada ketiak

Cara keempat menghilangkan bau badan secara alami tanpa obat dan jamu adalah mengoleskan daun mimba pada ketiak. Manfaat mimba sangat banyak sehingga menjadikannya bagian tak terpisahkan dari Ayurveda -ilmu kesehatan asa India.

Meracik mimba menjadi ramuan sangat efektif untuk mendapatkan sifat antimikroba, antibakteri, dan antiseptik juga demi mencegah pertumbuhan bakteri. Jika ingin mencobanya, cukup beli bubuk mimba dan campur dengan beberapa tetes air. Hasilnya yang menjadi pasta selanjutnya dapat dioleskan ke ketiak dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.

Cara lain menggunakan daun mimba adalah memotong beberapa cabang dari pohonnya dan tambahkan ke air hangat selagi mandi.

5. Jaga kebersihan

Cara kelima menghilangkan bau badan secara alami tanpa obat dan jamu adalah menjaga kebersihan. Cara alami untuk mengatasi bau badan tidak hanya obat luar yang dioleskan ke kulit tapi harus dibarengi juga dengan menjaga kebersihan. Salah satunya adalah memperhatikan kebersihan pakaian yang dikenakan karena dari sinilah bau badan berasal.

Agar pakaian tetap wangi segera cuci pakaian yang berkeringat setelah kembali ke rumah dan jangan dibiarkan terlalu lama karena keringat akan meresap. Selain itu, pastikan juga untuk mencuci pakaian dari dalam ke luar karena deterjen dapat membersihkan area ketiak dengan lebih baik.

Itulah berbagai cara menghilangkan bau badan secara alami tanpa obat dan jamu. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak 5 Cara Alami untuk Atasi Bau Badan",


Penulis : Yefta Christopherus Asia Sanjaya
Editor : Glori K. Wadrianto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru