kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Minum Obat! Ini 5 Cara Mengatasi Insomnia yang Bisa Anda Coba


Minggu, 26 Desember 2021 / 14:40 WIB
Tanpa Minum Obat! Ini 5 Cara Mengatasi Insomnia yang Bisa Anda Coba


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Insomnia merupakan gangguan tidur yang berkelanjutan. Ini cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba tanpa harus konsumsi obat tidur. 

Beberapa gejala insomnia yang kerap dialami adalah sering terbangun saat malam hari, bangun lebih awal, lelah saat bangun tidur, dan sulit konsentrasi di siang hari.

Baca Juga: Kebiasaan begadang, ini bahaya yang mengintai para pelajar

Insomnia bisa berlangsung dalam waktu singkat, yakni kurang dari 3 bulan, dan disebut insomnia jangka pendek.

Sementara itu, insomnia jangka panjang bisa berlangsung lebih lama, yakni selama 3 bulan atau lebih.

Dilansir dari NHS, 12 Maret 2021, insomnia dapat disebabkan beberapa hal. Penyebab paling umum adalah stres, depresi, kecemasan, kebisingan, alkohol, ruangan yang tidak nyaman, dan penat.

Baca juga: Penyintas Covid-19 Alami Insomnia, tapi Penyebabnya Bukan Virus Corona

Cara mengatasi insomnia

Insomnia bisa diatasi dengan cara-cara alami, seperti meditasi dan olahraga. Dilansir dari Healthline, 16 Agustus 2018, berikut adalah 5 cara mengatasi insomnia dengan efektif.

1. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat kesehatan yang sejalan dengan gaya hidup sehat untuk menghasilkan tidur yang lebih berkualitas.

Penelitian di tahun 2011 membuktikan bahwa meditasi secara signifikan mengatasi insomnia dan memperbaiki pola tidur secara keseluruhan.

2. Yoga

Yoga diyakini memiliki efek positif untuk pola tidur. Selain itu, yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental.

Upayakan untuk rutin melakukan beberapa sesi yoga lebih lama setiap minggu dan setidaknya 20 menit latihan setiap hari.

Baca juga: Pasien Sembuh Corona Alami 7 Gejala Ini, dari Insomnia hingga Muntah

Carilah pose yoga yang cocok dan tidak perlu memaksakan. Memaksa pose yoga yang dirasa tidak nyaman justru akan mengakibatkan cedera.

3. Olahraga

Olahraga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jika dilakukan secara rutin, olahraga dapat memperbaiki mood, menambah energi, dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 menit per hari. Latihan kekuatan atau latihan aerobik berat bisa juga ditambahkan dalam latihan mingguan.

Pertimbangkan kondisi tubuh dan lakukan olahraga yang sesuai. Cedera fisik sangat mungkin terjadi, namun dapat dihindari jika melakukan olahraga dengan hati-hati.

4. Pijat

Penelitian di tahun 2015 menunjukkan bahwa terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia untuk meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, terapi pijat juga dapat mengurangi rasa lelah, kecemasan, dan depresi. Jika memungkinkan, lakukan terapi pijat pada profesional untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Meski pijat pada umumnya aman, konsultasikan pada dokter jika dirasa memiliki masalah kesehatan khusus yang dapat menghambat manfaat terapi pijat.

5. Minyak lavender

Lavender dimanfaatkan untuk meningkatkan mood, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur.

Lavender biasanya digunakan sebagai aroma terapi, tetapi bisa juga dikonsumsi secara oral. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, mengonsumi minyak lavender dianggap lebih efektif.(Lulu Lukyani) 

Baca Juga: Minum air mentimun dengan lemon bisa membantu menurunkan berat badan lo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Alami Mengatasi Insomnia dengan Efektif"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×