Tanpa Ke Apotek, Ini Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Rabu, 07 September 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Tanpa Ke Apotek, Ini Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Tanpa beli obat di apotik, kita bisa mengobati radang tenggorokan dengan cara alami memanfaatkan bahan herbal.

Cara mengobati radang tenggorokan penting diketahui. Menjelang peralihan musim, radang tenggorokan rawan terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.

Orang tua penting memahami cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Selain faktor cuaca, anak-anak rawan terkena radang tenggorokan akibat makan jajanan seperti snack, es, dan permen.

Dilansir dari Kompas.com, radang tenggorokan adalah gejala penyakit yang terjadi karena tubuh kita terinfeksi virus atau bakteri. Secara alami sitem imun tubuh kita memberikan respon yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan saat tubuh mengalami infeksi virus atau bakteri.

Radang tenggorokan merupakan kondisi medis umum yang tidak membahayakan. Namun radang tenggorokan menjadikan kita tidak nyaman beraktivitas.

Ada beberapa obat alami yang bisa menjadi cara untuk mengobati radang tenggorokan. Berikut cara mengobati radang tenggorokan secara alami untuk orang dewasa maupun anak-anak:

Baca Juga: Catat! 5 Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Amandel

1. Madu

Cara pertama mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah menggunakan madu. Medical News Today memberitakan, madu adalah pemanis alami yang dapat meredakan radang tenggorokan.

Orang sejak dulu menggunakan madu sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan karena ini memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Selain membantu melawan infeksi dan meredakan nyeri, madu juga dapat membuat pengobatan tertentu terasa lebih enak.

Madu mungkin sangat efektif ketika seseorang menggabungkannya dengan air hangat. Namun, anak-anak di bawah usia 1 tahun harus menghindari madu. Di usus mereka belum ada bakteri sehat yang dapat melawan beberapa kuman, seperti spora botulisme, yang terkadang terdapat dalam madu.

2. Akar manis

Cara kedua mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah konsumsi akar manis. Mengutip Medical News Today, akar manis (licorice) termasuk tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Akar manis memiliki efek antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi. Sifat herbal ini mirip aspirin, yang membuatnya bisa menjadi obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Akar manis umumnya digunakan untuk mengurangi risiko radang tenggorokan pasca operasi pelepasan tabung pernapasan.

Satu studi menemukan bahwa berkumur dengan air akar manis sebelum operasi mengurangi risiko radang tenggorokan hingga 50 persen, dibandingkan dengan berkumur dengan air gula. Namun, belum ada penelitian tentang manfaat akar manis untuk mengatasi radang tenggorokan yang secara langsung berkaitan dengan penyakit.

Obat alami akar manis untuk mengatasi radang tenggorokan dapat dikonsumsi sebagai teh. Caranya, campurkan bubuk akar manis dengan air panas, diamkan selama 5 menit, lalu saring sebelum diminum.

3. Air lemon

Cara ketiga mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah minum air lemon. Mengutip Medical News Today, air lemon adalah obat alami yang menyegarkan untuk mengatasi radang tenggorokan saat Anda pilek dan flu.

Itu karena lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang kuat. Senyawa yang dikandungnya bisa berguna untuk membantu tubuh meredakan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan gejala penyakit.

Lemon juga bisa meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh, agar selaput lendir tetap lembab. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan lemon ke air hangat dan sedikit madu atau air garam.

4. Jahe

Cara keempat mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah konsumsi sari jahe. Mengutip Medical News Today, jahe sudah sangat dikenal sebagai rempah obat. Jahe memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang cocok digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan.

Beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. Selain itu, dapat mengurangi peradangan pada penderita TBC, yang merupakan penyakit paru-paru. Jahe dapat Anda konsumsi sebagai obat alami mengatasi radang tenggorokan dengan menyeduhnya sebagai teh.

5. Kayu manis

Cara kelima mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah menggunakan kayu manis. Mengutip Medical News Today, kayu manis adalah rempah harum yang memiliki efek antioksidan dan antibakteri.

Dalam pengobatan trandisional China, kayu manis adalah obat untuk pilek, flu, dan sakit tenggorokan. Teh kayu manis dapat dibuat sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan, caranya yaitu dengan menambahkan kayu manis ke dalam teh hitam atau teh herbal hangat lainnya.

6. Peppermint

Cara keenam mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah konsumsi peppermint. Mengutip Medical News Today, peppermint mengandung senyawa antiinflamasi dan sangat menenangkan tenggorokan.

Peppermint bebas kafein dan rasanya manis alami, sehingga tidak perlu pemanis tambahan untuk mengkonsumsinya sebagai obat alami radang tenggorokan.

Cara membuat peppermint sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan mudah. Rendam daun peppermint segar ke dalam air mendidih selama 3-5 menit, lalu saring dan minum.

7. Kamomil

Cara ketujuh mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah konsumsi kamomil. Mengutip Medical News Today, kamomil sudah dijadikan obat alami sejak zaman kuno.

Penelitian menemukan bahwa kamomil dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi rasa sakit, jadi bisa menjadi obat alami untuk mengatasi radang tengggorokan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh kamomil bisa membuat Anda tidur nyenyak, yang penting untuk penyembuhan. Seperti teh herbal lainnya, kamomil tidak mengandung kafein.

8. Bawang putih

Cara kedelapan mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah konsumsi bawang putih. Mengutip Healthline, bawang putih memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengatasi radang tenggorokan Anda.

Rempah ini mampu melawan infeksi karena mengandung senyawa allicin. Bawang putih bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan dengan cara menambahkannya ke dalam makanan Anda.

9. Fenugreek

Cara kesembilan mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah konsumsi teh fenugreek. Mengutip Healthline, ramuan fenugreek dalam berbagai bentuk dapat menjadi obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan.

Teh fenugreek adalah obat umum untuk radang tenggorokan. Literatur ilmiah pada 2008 menunjukkan bahwa banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dari ramuan fenugreek, di antaranya yaitu:

  • Menghilangkan rasa sakit
  • Membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi atau peradangan
  • Berfungsi sebagai antijamur yang efektif

Fenugreek bisa dijadikan obat alami dengan cara makan bijinnya, mengoleskan minyaknya, atau meminumnya sebagai teh.

10. Kaldu sup ayam

Cara ke-10 mengobati radang tenggorokan secara alami untuk dewasa dan anak-anak adalah konsumsi kaldu sup ayam. Mengutip Healthline, kaldu sup ayam hangat juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan Anda. Hal itu karena kaldu sup ayam dapat merangsang respon imun untuk peradangan berkurang.

Studi pada 2000 menemukan bahwa kaldu sup ayam bisa mengurangi migrasi tinggi sel imun, yang disebut neutrofil. Peradangan bisa terjadi karena kadar neutrofil meningkat dalam darah.

Makanan yang harus dihindari saat radang tenggorokan

 

Selain menerapkan cara di atas, untuk mengatasi radang tenggorokan juga harus menghindari makanan tertentu. Diberitakan Kontan.co.id, berikut daftar makanan yang harus dihindari untuk mengobati radang tenggorokan:

 

Gorengan

Gorengan termasuk makanan penyebab radang tenggorokan yang sebaiknya Anda waspadai. Apalagi jika sistem imun tubuh Anda benar-benar turun. Selain gorengan yang biasa Anda temui, konsumsi kentang goreng atau makanan cepat saji yang lain pun perlu Anda batasi.

Kopi

Laman Naturally Sassy menyebutkan, kafein dalam kopi dapat menimbulkan dehidrasi. Hal itulah yang membuat sakit tenggorokan terasa semakin parah. Selain itu, kopi juga bersifat diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil sehingga dehidrasi semakin buruk.

Yogurt

Bagi penggemar yogurt, sebaiknya batasi konsumsi produk olahan susu itu jika tak ingin mengalami sakit tenggorokan. Kandungan dalam yogurt bisa mempertebal lendir yang Anda produksi sehingga sakit tenggorokan bisa jadi lebih parah.

Makanan pedas

Saus sambal, bubuk cabai, dan makanan pedas lainnya termasuk dalam daftar makanan penyebab radang tenggorokan.

Saat mengonsumsi jenis makanan itu, peradangan di bagian tenggorokan bisa memburuk. Akibatnya, produksi lendir pun meningkat yang mana tak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Minuman manis

Melansir Naturally Sassy, sebaiknya batasi konsumsi minuman manis apabila Anda tak ingin menderita sakit tenggorokan. Sama seperti makanan-makanan yang telah disebutkan, minuman manis mampu membuat tenggorokan meradang. Jenis minuman itu juga tak baik untuk sistem imun tubuh.

Makanan Asam

Agar radang tenggorokan membaik, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan asam. Mulai dari tomat, jeruk, hingga lemon. Selain mengiritasi tenggorokan, makanan asam juga bisa memicu asam lambung naik sehingga memperparah kondisi tenggorokan Anda.

Itulah berbagai cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan daftar makanan yang harus dihindari. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru