kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,67   -9,84   -1.07%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanda-Tanda Kadar Zat Lilin atau Kolesterol Tinggi, Cek 3 Bagian Tubuh Ini


Minggu, 23 Juli 2023 / 04:47 WIB
Tanda-Tanda Kadar Zat Lilin atau Kolesterol Tinggi, Cek 3 Bagian Tubuh Ini
ILUSTRASI. Kolesterol tinggi, bersama dengan lemak dan zat lainnya, dapat membentuk plak di dinding arteri.


Sumber: Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TANDA-TANDA KOLESTEROL TINGGI - Kolesterol merupakan zat lilin yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. Dia mengalir melalui aliran darah. Biasanya, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung  atau arteri yang sehat juga menyehatkan jaringan tubuh.

Namun kolesterol, bersama dengan lemak dan zat lainnya, dapat membentuk plak di dinding arteri.

“Sehingga kolesterol yang tinggi berisiko terkena aterosklerosis yang dapat mempersempit arteri dan mengurangi aliran darah ke jaringan,” ujar Dr Smruti Hindaria- Konsultan Ahli Bedah Jantung di Ruby Hall Clinic, dikutip dari Hindustan Times.

Tingkat zat lilin yang sangat berbahaya tersebut juga dapat berisiko besar pada serangan jantung atau stroke. Apalagi belum saat seseorang mempunyai timbunan lemak di pembuluh darah.

Sebenarnya, banyak bagian tubuh yang bisa menunjukkan tanda-tanda kelebihan kolesterol. Namun gejala yang muncul secara fisik dapat bervariasi tergantung di bagian tubuh mana yang terdapat tumpukkan lemak di pembuluh darah.

Jika kadar kolesterol Anda meningkat terlalu banyak maka akan mulai terlihat di mata, kaki, dan terkadang bahkan di lidah.

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Kolesterol Alami yang Penting Untuk Anda Ketahui

Berikut tanda-tanda kolesterol tinggi pada seseorang jika dilihat dari perubahan pada bagian tubuh tertentu, seperti dilansir Hindustan Times. 

1. Tanda kolesterol di lidah

Lidah juga bisa menunjukkan tanda kolesterol tinggi. Kondisi itu ditandai dengan gejala lidah berbulu atau terdapat benjolan kecil di permukaan lidah (papila) dan perubahan warna seperti putih atau menghitam.

"Lidah berbulu tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan bau mulut dan rasa tidak enak di mulut," kata Dr Chowti.

Perubahan warna pada lidah biasanya disebabkan oleh akumulasi kolesterol di dalam darah sehingga menyebabkan penyumbatan di area tersebut.

Hal ini kemudian memicu arteri lidah mengalami kekurangan suplai oksigen dan nutrisi ke tubuh. Efeknya lidah bisa menjadi kekuningan atau membuat saraf di lidah membiru.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×