kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Tak Perlu Risau, Ini 7 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mata hingga Mental


Kamis, 12 Oktober 2023 / 15:55 WIB
Tak Perlu Risau, Ini 7 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mata hingga Mental


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Menangis - JAKARTA. Simak sederet manfaat menangis untuk kesehatan tubuh. Aktivitas menangis sering kali dikatikan dengan hal buruk seperti mental lemah hingga emosi tertentu.

Padahal menangis adalah respons emosional manusia yang melibatkan pengeluaran air mata dari mata. Aktivitas ini merupakan reaksi yang alami dan seringkali terjadi sebagai respons terhadap berbagai stimulus emosional, seperti kesedihan, kebahagiaan, frustrasi, kelelahan, atau bahkan terharu.

Proses menangis melibatkan aktivitas sistem saraf, otot, dan kelenjar air mata di mata.

Ketika seseorang menangis, beberapa organ dan bagian tubuh tertentu mengalami pergerakan atau aktivitas.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Menenangkan Bayi yang Sering Menangis Selain Memberikan Makan

Beberapa organ yang bekerja saat menangis

Menangis

Berikut adalah organ-organ utama yang berperan saat menangis:

  • Mata: Kelenjar air mata yang ada di dalam mata akan memproduksi air mata sebagai respons terhadap stimulus emosional atau fisik. Selain itu, kelopak mata JUGA bergerak untuk menyebarkan air mata ke seluruh permukaan mata, membantu membersihkan mata.
  • Wajah: Beberapa otot di wajah akan berkontraksi, menyebabkan ekspresi yang khas saat menangis, seperti mengernyitkan dahi atau mengatupkan bibir.
  • Hidung: Produksi Cairan Hidung: Proses menangis juga dapat mempengaruhi produksi cairan hidung atau lendir.
  • Mulut: Bibir dan Rongga Mulut: Beberapa orang mungkin mengalami tremor pada bibir atau pergerakan pada rongga mulut saat menangis.
  • Tenggorokan: Seiring dengan menangis, ada kemungkinan terjadinya konstriksi atau perasaan tersedak pada tenggorokan akibat aktivitas otot-otot di sekitarnya.
  • Dada dan Perut: Perubahan Pernapasan: Menangis dapat mempengaruhi pola pernapasan, dengan perubahan pada gerakan dada dan perut karena emosi yang dirasakan.
  • Sistem Saraf: Aktivitas Sistem Saraf: Selain organ-organ fisik, ada juga aktivitas pada sistem saraf yang terlibat dalam respons emosional dan fisik terhadap menangis.
  • Sistem Kardiovaskular: Peningkatan Detak Jantung: Emosi yang memicu menangis juga dapat mempengaruhi detak jantung dan tekanan darah.

Dari beberapa informasi terkait organ yang berperan saat menangis, tentu ada manfaat lainnya.

Simak daftar manfaat menangis untuk kesehatan organ hingga mental dirangkum dari laman Healthline.

Baca Juga: Tanda-Tanda Ibu Mengalami Baby Blues Syndrome dan Kiat Mencegahnya

Manfaat menangis untuk kesehatan

1. Pembersihan Mata

Air mata membantu membersihkan mata dari debu, benda asing, atau iritan yang dapat mempengaruhi kesehatan mata. Air mata emosional mungkin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Air mata yang terus menerus mengandung 98 persen air, sedangkan air mata emosional mengandung hormon stres dan racun lainnya.

Para peneliti berteori bahwa menangis menghilangkan hal-hal ini dari sistem Anda, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.

2. Ekspresi Emosi

Menangis adalah cara alami untuk mengekspresikan emosi. Hal ini memungkinkan seseorang untuk melepaskan dan mengkomunikasikan perasaan mereka kepada orang lain.

3. Reduksi Stres

Aktivtias menangis dapat membantu meredakan stres dan tekanan emosional. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air mata mengandung hormon endorfin, yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan menginduksi perasaan lebih baik.

Menghirup udara dingin dapat membantu mengatur dan bahkan menurunkan suhu otak Anda. Otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran Anda daripada otak yang hangat.

4. Mengatasi Kehilangan

Menangis merupakan respons alami saat mengalami kehilangan, seperti kematian seseorang yang dicintai. Ini membantu individu dalam proses berduka dan mengatasi kesedihan.

Menangis dalam jangka waktu lama melepaskan oksitosin dan opioid endogen, atau dikenal sebagai endorfin. Bahan kimia yang membuat Anda merasa nyaman ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional.

Setelah endorfin dilepaskan, tubuh Anda mungkin mengalami tahap mati rasa. Oksitosin dapat memberikan rasa tenang atau sejahtera. Ini adalah contoh lain bagaimana menangis adalah tindakan yang menenangkan diri.

5. Meningkatkan Mood

Setelah menangis, orang seringkali merasa lebih baik dan lebih lega. Hal ini karena menangis memungkinkan pelepasan emosi yang terpendam.

Penelitian dari Universitas Yale ungkap bahwa menangis dapat membantu memulihkan keseimbangan emosional. Saat Anda sangat bahagia atau takut akan sesuatu dan menangis, itu mungkin cara tubuh Anda pulih dari emosi yang begitu kuat.

6. Mengaktifkan Sistem Saraf Otonom

Menangis dapat membantu mengaktifkan sistem saraf otonom, membantu mengembalikan keseimbangan fisiologis tubuh setelah mengalami emosi yang kuat.

7. Meningkatkan Hubungan Sosial

Dalam situasi sosial, menangis dapat mendekatkan orang-orang, memperkuat hubungan, dan membangun empati.

Meskipun menangis memiliki manfaat emosional dan fisik, penting untuk diingat bahwa setiap individu bereaksi dengan cara yang berbeda terhadap pengalaman emosional.

Apabila kesulitan mengatasi emosi atau menangis secara berlebihan, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan jiwa.

Itulah sederet manfaat menangis untuk kesehatan mental hingga mata yang tak perlu Anda risaukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×