kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,04   -6,32   -0.68%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak perlu obat, inilah 4 cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba


Rabu, 09 Desember 2020 / 09:24 WIB
Tak perlu obat, inilah 4 cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba
ILUSTRASI. Mengatur jadwal rutin bisa jadi salah satu cara mengatasi susah tidur.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Insomnia adalah kondisi di mana seseorang kesulitan untuk tidur atau mendapat waktu tidur yang berkualitas. Selain susah tidur, insomnia bisa ditandai dengan sering terbangun di malam hari, mengantuk di siang hari, dan lain-lain. Berikut ini cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba.

Optimalkan Lingkungan Kamar Tidur

Salah satu faktor yang mempersulit Anda untuk tidur adalah lingkungan kamar tidur yang kurang optimal. Greatist (greatist.com) merekomendasikan Anda untuk memakai tempat tidur, bantal dan guling berkualitas supaya waktu tidur bisa lebih maksimal.

Selain itu, Anda perlu mengatur pencahayaan saat ingin tidur. Cahaya yang terang membuat produksi hormon melatonin terganggu sehingga ritme sirkadian juga bermasalah. Jika Anda kesulitan untuk tidur dalam keadaan gelap total, Anda bisa memulainya dengan cahaya yang redup terlebih dahulu.

Buat Jadwal Tidur Rutin

Cara mengatasi susah tidur juga bisa Anda coba dengan menjadwalkan jam tidur rutin, meski Anda sedang memiliki hari libur. Anda juga bisa memakai aplikasi sleep-tracking sehingga Anda bisa mengidentifikasi kualitas tidur Anda dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 13 Tips mudah mengatasi insomnia

Terapkan Pola Hidup Sehat

Salah satu cara mengatasi susah tidur adalah dengan berhenti merokok.

Greatist mengatakan bahwa insomnia juga bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda lakukan. Mulai dari berhenti merokok, rajin olahraga, dan membatasi konsumsi kafein.

Untuk hasil terbaik, cobalah untuk melakukan olahraga aerobik dengan intensitas sedang minimal tiga jam sebelum waktu tidur. Dengan rutin melakukan hal itu, insomnia bisa Anda atasi dengan lebih mudah.

Perhatikan Konsumsi Makanan Sehari-Hari

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B dan magnesium. Kedua nutrisi tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat tidur siang yang tak boleh Anda lewatkan

Beberapa sumber makanan kaya magnesium adalah kacang almond dan bayam. Sedangkan sumber vitamin B bisa Anda dapat dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang diresepkan oleh dokter sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Jika cara-cara tersebut tidak cukup untuk mengatasi insomnia yang Anda alami, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dari sejumlah tes yang dilakukan, dokter bisa memberikan rekomendasi atau perawatan yang tepat dan efektif untuk mengatasi insomnia Anda.

Selanjutnya: Sering tidur larut malam? 5 Efek begadang ini bisa Anda rasakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×