kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering tidur larut malam? 5 Efek begadang ini bisa Anda rasakan


Senin, 07 Desember 2020 / 11:44 WIB
Sering tidur larut malam? 5 Efek begadang ini bisa Anda rasakan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidur merupakan kegiatan yang dimanfaatkan tubuh untuk beristirahat. Jika Anda sering tidur larut malam dan tak mendapat waktu tidur yang cukup, efek begadang berikut ini bisa Anda rasakan. Mulai dari risiko penyakit meningkat, berat badan bertambah, konsentrasi turun, dan lain-lain.

Lebih Rentan Terkena Penyakit

Saat tidur, tubuh berusaha untuk mengembalikan kualitas sistem imun tubuh. Jika Anda tak memiliki waktu tidur yang cukup, sistem imun tubuh akan menurun sehingga Anda lebih mudah terserang penyakit.

Ada beberapa cara untuk menghindari efek begadang. Pertama, cobalah untuk memiliki jadwal tidur yang teratur. Kedua, usahakan jangan menggunakan gawai sebelum tidur. Ketiga, hindari makan berat sebelum tidur. Keempat, atur suasana kabar tidur supaya membuat tubuh Anda rileks dan nyaman.

Mengganggu Kesehatan Jantung

Mengutip dari Healthline (helathline.com), tidur kurang dari lima jam setiap hari bisa mengganggu kesehatan jantung Anda. Risiko terkena penyakit jantung atau stroke bisa meningkat karena kebiasaan itu. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang sering tidur lebih dari sembilan jam setiap malam.

Baca Juga: 5 Manfaat tidur siang yang tak boleh Anda lewatkan

Meningkatkan Risiko Kanker

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, efek begadang juga mampu meningkatkan pertumbuhan sel kanker. Ada banyak jenis kanker yang muncul akibat kebiasaan itu. Mulai dari kanker payudara, kanker perut, dan kanker prostat.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat mengganggu kesuburan pria dan wanita. Maka dari itu, usahakan untuk tidur minimal 7 jam setiap malam untuk menghindari masalah-masalah tersebut.

Menurunkan Konsentrasi

Seseorang yang kurang tidur memiliki tingkat konsentrasi yang lebih rendah daripada mereka yang cukup tidur. Kebiasaan tersebut dapat mengganggu fungsi otak, termasuk kemampuan untuk menentukan keputusan, memori, dan penyelesaian masalah.

Baca Juga: 3 Cara alami mengatasi insomnia supaya cepat tidur

Tak hanya itu, Healthline mengatakan bahwa seseorang yang kurang tidur mudah melupakan sesuatu dan kesulitan untuk mempelajari hal baru. Tidur berguna untuk menguatkan memori yang telah Anda pelajari. Jika waktu tidur Anda kurang, fungsi tersebut pun tak bisa berjalan normal.

Berat Badan Bertambah

Naiknya berat badan jadi salah satu efek begadang yang bisa Anda alami.

Sebuah penelitian yang melibatkan 21.469 orang dewasa berusia 20-an menunjukkan bahwa kurang tidur bisa menambah berat badan Anda. Mereka yang tidur kurang dari lima jam selama tiga tahun penelitian cenderung mengalami peningkatan berat badan bahkan mengalami obesitas.

Selanjutnya: 13 Tips mudah mengatasi insomnia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×