Kesehatan Umum

3 Cara alami mengatasi insomnia supaya cepat tidur

Senin, 28 September 2020 | 11:08 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara alami mengatasi insomnia supaya cepat tidur

ILUSTRASI. Cara mengatasi insomnia perlu Anda lakukan agar kesehatan tubuh terjaga.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi insomnia tak cukup hanya menggunakan obat tidur. Anda perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu agar bisa melakukan pengobatan yang efektif. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

Beberapa hal umum yang jadi penyebab insomnia adalah stres, perubahan kegiatan sehari-hari, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Tak hanya, kesehatan mental seseorang juga dapat menyebabkan insomnia. Misalnya, depresi atau kecemasan.

Kegiatan seseorang di siang hari akan terganggu karena insomnia. Emosi menjadi tidak stabil, mudah lelah, dan tidak bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara maksimal. Jika dibiarkan, hal itu bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengutip dari Amerisleep, obat tidur hanya bisa mengatasi insomnia dalam jangka waktu singkat. Jika tak ada perubahan pola hidup, insomnia cukup sulit untuk diatasi. Bagi sebagian orang, obat tidur juga menimbulkan efek samping, seperti pusing, kelelahan, sembelit, dan lain-lain.

Olahraga Secara Rutin

Salah satu cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan adalah rutin olahraga. Sebuah penelitian menunjukkan, seseorang yang rutin olahraga selama 60 menit sebanyak tiga hingga empat kali seminggu bisa tidur satu jam lebih lama daripada mereka yang tak rutin olahraga.

Baca Juga: 6 Cara cepat tidur efektif yang patut dicoba

Selain itu, kualitas tidur juga meningkat karena Anda menjadi tidak sering terbangun di malam hari. Ahli National Sleep Foundation mengatakan, olahraga mampu membuat tubuh jadi lebih rileks sehingga menurunkan stres, kecemasan, dan depresi.

Kelola Stres dengan Baik

Seperti yang telah dikatakan, stres adalah salah satu penyebab insomnia. Anda perlu mengelola stres dengan baik agar insomnia Anda berkurang. Amerisleep merekomendasikan beberapa hal yang bisa Anda coba. Mulai dari membuat jurnal, tidur lebih awal, atau merilekskan otot tubuh sebelum tidur.

Baca Juga: 3 Langkah mudah mengatasi insomnia

Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Cara mengatasi insomnia bisa dengan mengonsumsi pisang karena mengandung tryptophan yang bisa merilekskan tubuh.

Beberapa jenis makanan bisa Anda jadikan opsi untuk mengatasi insomnia, lo. Anda bisa mencoba keju, kacang almond, atau pisang. Makanan-makanan itu mengandung tryptophan, asam amino untuk memproduksi serotonin neurotransmitter sehingga tubuh bisa lebih rileks.

Selain mengonsumsi makanan yang bisa membantu tidur lebih cepat, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang justru membuat Anda lebih sulit tidur. Jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah kopi, makanan berlemak, dan makanan pedas.

Selanjutnya: 5 Manfaat tidur siang yang tak boleh Anda lewatkan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru