kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak hanya sehat untuk mata, inilah 6 manfaat wortel lainnya


Senin, 23 November 2020 / 11:35 WIB
Tak hanya sehat untuk mata, inilah 6 manfaat wortel lainnya
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat wortel yang berguna untuk kesehatan Anda.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masih ada banyak orang yang menganggap bahwa wortel hanya berguna untuk menjaga kesehatan mata. Ternyata, manfaat wortel juga bisa dipakai untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, lo. Hal itu disebabkan oleh banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Wortel mengandung banyak antioksidan, beta karoten, serat, potaisum, vitamin K, dan lain sebagainya. Nutrisi tersebut mampu menyehatkan mata, mengurangi jumlah kolesterol jahat, dan menurunkan berat badan.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba dengan menggunakan wortel. Mulai dari mengonsumsinya dalam bentuk hidangan lezat, membuatnya menjadi masker, atau mengolahnya hingga berbentuk calming spray. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapat.

Menurunkan Berat Badan

Mengutip dari Firstcry.com (parenting.firstcry.com), mengonsumsi wortel bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan Anda. Hal itu disebabkan karena wortel bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Hasilnya, kalori yang Anda konsumsi menjadi berkurang sehingga berat badan turun.

Baca Juga: Berikut jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Meningkat Sistem Imun Tubuh

Karena mengandung banyak antioksidan, wortel bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Saat sistem imun tubuh kuat, berbagai macam penyakit bisa Anda hindari. Usahakan untuk mengonsumsi wortel secara rutin, apalagi saat tubuh menunjukkan tanda-tanda akan sakit.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, mengonsumsi wortel bisa dijadikan opsi agar kondisi kesehatan tetap terjaga. Potasium dalam wortel berguna untuk mengendurkan arteri dan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Sirkulasi darah yang lancar menyebabkan tekanan darah menjadi lebih stabil. Hasilnya, resiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya juga bisa berkurang.

Menumbuhkan Rambut

Firstcry.com menyebutkan bahwa vitamin E dan vitamin A mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Artinya, pertumbuhan rambut menjadi lebih terstimulasi dengan baik. Kemunculan uban juga bisa Anda hindari. Usahakan untuk mengonsumsi 4 ons jus wortel tiap hari agar rambut lebat dan panjang.

Baca Juga: Daftar makanan untuk kesehatan mata yang mudah didapatkan selain wortel

Melembabkan Kulit

Salah satu manfaat wortel adalah melembutkan kulit Anda.

Manfaat wortel selanjutnya juga bisa mengatasi kulit Anda yang kering. Mengonsumsi wortel yang mengandung banyak potasium membuat kulit menjadi lebih lembab dan lembut. Cobalah untuk mengonsumsi wortel setiap hari agar manfaat itu bisa Anda dapat.

Mencegah Tanda Penuaan

Tanda-tanda penuaan mulai muncul saat usia Anda bertambah. Hal itu bisa dihindari dengan mengonsumsi wortel secara rutin karena jenis sayur itu mengandung banyak beta karoten. Kerusakan sel yang menimbulkan tanda penuaan pun bisa diatasi dengan baik.

Selanjutnya: Bisa turunkan berat badan, inilah 4 manfaat wortel yang bisa Anda dapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×