kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa turunkan berat badan, inilah 4 manfaat wortel yang bisa Anda dapat


Kamis, 05 November 2020 / 09:01 WIB
Bisa turunkan berat badan, inilah 4 manfaat wortel yang bisa Anda dapat
ILUSTRASI. Manfaat wortel bisa ANda dapat ketika Anda mengonsumsinya secara rutin.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat wortel yang bisa Anda dapatkan. Hal itu disebabkan oleh banyaknya beta karoten dalam wortel. Beta karoten merupakan pigmen alami yang membantu tubuh memproduksi vitamin A dan mengandung banya serat. Berikut ini khasiat wortel yang bisa dirasakan tubuh Anda.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Jika Anda memiliki penglihatan yang buruk, mengonsumsi wortel secara rutin bisa jadi cara untuk mengatasi hal itu. Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), wortel mengandung banyak lutein dan likopen yang berguna untuk menjaga kesehatan penglihatan. Fungsi tersebut semakin maksimal dengan kehadiran vitamin A.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Jika iya, memasukkan wortel dalam menu makan tiap hari bisa dijadikan pilihan, lo. Banyaknya serat yang terkandug dalam wortel membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, keinginan untuk makan berlebih menjadi berkurang. Tak hanya membantu Anda untuk menerunkan berat badan, serat dalam wortel juga berguna untuk sistem pencernaan. Buang air besar akan lancar sehingga Anda akan terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat bayam untuk kesehatan: Bagus untuk tulang dan kehamilan

Menurunkan Jumlah Kolesterol

Salah satu manfaat wortel adalah untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Manfaat wortel lainnya juga bisa dirasakan oleh Anda yang memiliki jumlah kolesterol berlebih. Serat akan membersihkan lemak jahat atau LDL dari dinding arteri atau dinding pembuluh darah. Fungsi tersebut semakin maksimal dengan kehadiran kalsium.

Selain menurunkan jumlah kolesterol, NDTV Food mengataka bahwa kandungan potasium dalam wortel bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Potasium akan mengendurkan pembuluh darah dan arteri sehingga aliran darah bisa lebih lancar.

Dengan begitu, kesehatan jantung Anda juga semakin terjaga. Jika Anda memiliki jumlah kolesterol dalam tubuh berlebih dan memiliki penyakit jantung, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter tentang makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi selain wortel.

Baca Juga: Daftar makanan untuk kesehatan mata yang mudah didapatkan selain wortel

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Berbagai macam masalah kulit sering dialami oleh banyak orang. Salah satu masalah yang sering muncul adalah kulit terlihat kusam dan tak terawat. Jika Anda salah satu orang yang memiliki masalah itu, mengonsumsi wortel bisa jadi opsi.

Wortel mengandung beta karotein, lutein, dan likopen yang mampu mencerahkan kulit. Tak hanya itu, banyaknya silikon yang terkandung dalam wortel membuat kulit dan kuku menjadi lebih sehat.

Selanjutnya: Ini jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×