Tak hanya olahraga, inilah 5 cara diet sehat lainnya

Jumat, 08 Oktober 2021 | 08:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak hanya olahraga, inilah 5 cara diet sehat lainnya

ILUSTRASI. Selain olahraga, masih banyak cara diet sehat lainnya yang bisa Anda praktikkan. REUTERS/Paul Childs 

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam cara diet sehat bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah rajin olahraga. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak tips diet lain yang sebaiknya Anda coba. dengan begitu, berat badan ideal yang bisa Anda dapatkan.

Sebenarnya, ada banyak manfaat diet untuk Anda. Selain menunjang penampilan, menurunkan berat badan juga baik untuk kesehatan. Berbagai macam risiko penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainnya, bisa turun karena Anda menerapkan program diet.

Nah, di bawah ini, ada beberapa cara menurunkan berat badan yang cukup mudah dipraktikkan. Jangan lupa untuk rutin melakukannya supaya hasil yang Anda inginkan bisa terlihat. Berkonsultasi dulu dengan dokter juga bisa Anda coba untuk memaksimalkan prosesnya.

Minum Air Putih

Everyday Health (everydayhealth.com) mengatakan bahwa menghindari dehidrasi bisa jadi cara diet. Menurut sebuah penelitian, minum dua gelas air putih sebelum makan bisa menurunkan berat badan lebih banyak.

Baca Juga: Ingin lemak perut luntur dan berat badan turun? Konsumsi minuman segar ini

Hindari Kalori

Salah satu sumber kalori yang tak banyak disadari adalah minuman manis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi minuman manis berpengaruh baik pada berat badan Anda. Alih-alih mengonsumsi jenis minuman itu, cobalah untuk minum air putih, infused water, atau minuman sehat lainnya.

Perbanyak Asupan Sayur

Makan sayur termasuk cara diet sehat.

Cara diet sehat berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memperbanyak asupan sayur. Selain rendah kalori, sayur juga dipenuhi dengan serat dan nutrisi bergizi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Anda bisa memanfaatkan sayur sebagai cemilan untuk diet atau memasukkannya dalam menu sehat. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya. Hindari pula perasa yang tidak baik untuk kesehatan. Anda bisa menggantinya dengan rempah.

Jangan Lupa Sarapan

Banyak orang yang beranggapan bahwa saat diet Anda haris tidak makan. Hal itu tidak benar karena sebaiknya, Anda tetap perlu sarapan. Mengutip dari Everyday Health, sarapan bisa menghindarkan Anda dari keinginan mengonsumsi makanan berkalori sepanjang hari.

Baca Juga: Menurut ahli gizi, cemilan untuk diet bisa dari 6 makanan ini

Cukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur termasuk cara diet sehat.

Cara diet sehat selanjutnya yang wajib Anda pertimbangkan adalah mencukupi waktu tidur. Saat kurang tidur, hormon lapar meningkatkan yang mengakibatkan Anda ingin mengonsumsi makanan asin, berkalori, dan jenis makanan tak sehat lainnya.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, cobalah untuk mengatur suasan kamar tidur senyaman mungkin. Hindari mengonsumsi alkohol atau kafein sebelum jadwal tidur juga bisa Anda coba. jika memang perlu, tak ada salahnya untuk membicarakan masalah tersebut dengan dokter.

Selanjutnya: Cara menurunkan kolesterol secara alami, konsumsi makanan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru