Tak ada obat, ini cara mengobati dan mengurangi mata minus

Selasa, 09 November 2021 | 13:56 WIB Sumber: Kompas.com
Tak ada obat, ini cara mengobati dan mengurangi mata minus

ILUSTRASI. Tak ada obat, ini cara mengobati dan mengurangi mata minus


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Adakah cara mengobati atau mengurangi mata minus? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan orang tua dengan anak-anak mata minus.

Namun, sebelum menjawab pertanyaan cara mengobati atau mengurangi mata minus, mari kita kenali terlebih dahulu salah satu kelainan indera penglihatan tersebut.

Mata minus atau rabun jauh (miopi) banyak terjadi di kalangan orang dewasa dan anak-anak. Miopia atau minus adalah kelainan refraksi yang mmebuat kita tak mampu melihat objek yang jauh.

Mata minus terjadi karena permukaan bola mata yang memanjang atau melengkung. Hal ini memicu sinar cahaya untuk fokus di titik depan retina, bukan langsung pada permukaannya.

Lalu, adakah cara mengobati atau mengurangi mata minus?

Riset di tahun 2020 menyatakan bahwa tidak ada obat untuk mengobati mata minus. Namun ada beberapa metode manajemen dan kontrol yang terbukti berhasil menurunkan dan menyembuhkan mata minus.

Baca juga: Waspada, 10 ciri-ciri gula darah tinggi ini harus Anda kenali

Berikut berbagai metode untuk mengatasi atau menurunkan mata minus:

1. Operasi mata laser

Operasi laser mata adalah cara paling efektif untuk menyembuhkan atau mengurangi mata minus tapi bagi orang dewasa. Untuk orang dewasa, miopia dapat diatasi dengan operasi refraktif, juga disebut operasi mata laser.

Laser digunakan untuk membentuk kembali jaringan kornea mata dan memperbaiki kesalahan refraksi. Operasi mata laser tidak dianjurkan untuk anak-anak. Namun, badan penagwas obat dan makanan AS belum menyetujui operasi laser untuk siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun.

2. Penggunaan kacamata atau lensa

Cara lain mengurangi mata minus adalah penggunaan kacamata atau lensa. Mengenakan kacamata korektif atau lensa kontak untuk mengontrol miopia dengan mengubah tempat cahaya mengenai retina, mengubah penglihatan yang sebelumnya buram menjadi jelas.

Lensa yang sesuai dengan kondisi mata dapat membengkokkan cahaya, memungkinkannya untuk fokus dengan benar pada titik fokus retina.

3.Tetes Mata Atropin

Cara mengurangi mata minus yang lainnya adalah dengan tetes mata atropin. Tetes mata atropin telah terbukti secara signifikan memperlambat perkembangan miopia pada anak-anak.

Dua percobaan besar di Asia menemukan bahwa tetes atropin memperlambat perkembangan miopia anak-anak hingga 60 persen. Namun, karena miopia tidak dapat disembuhkan, anak-anak yang menggunakan tetes atropin mungkin masih perlu memakai kacamata atau lensa kontak.

Itulah beragam cara menyembuhkan dan mengurangi mata minus. Sebelum mencoba cara menyembuhkan dan mengurangi mata minus di atas, pastikan konsultasi dengan dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Mata Minus Bisa Disembuhkan?",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Selanjutnya: Cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat, lakukan dengan olahraga ini

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru