kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat, lakukan dengan olahraga ini


Selasa, 09 November 2021 / 13:19 WIB
Cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat, lakukan dengan olahraga ini
ILUSTRASI. Cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat, lakukan dengan olahraga ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada beragam obat untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Selain itu, ada cara menurunkan kolesterol tanpa obat.

Tingkat kolesterol yang tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, stroke dan penyumbatan arteri. Kabar baiknya, ada cara menurunkan kolesterol tanpa obat, yakni dengan rutin olahraga.

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat ini harus dilakukan secara rutin. "Olahraga adalah langkah awal yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat," kata ahli jantung Leslie Cho.

Olahraga efektif menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik untuk tubuh. Menurut American Heart Association, kolesterol tinggi disebabkan oleh kurang olahraga dan kelebihan berat badan.

Dengan rutin olahraga, berat badan pun jadi ideal sehingga kadar kolesterol di tubuh seimbang.

Baca juga: 8 Makanan yang efektif menurunkan kolesterol dengan cepat

Jenis olahraga sebagai cara untuk menurunkan kolesterol tanpa obat

Beberapa jenis olahraga yang ampuh menjadi cara menurunkan kolesterol tanpa obat antara lain:

1. Jalan cepat atau jogging

Cara pertama menurunkan kolesterol tanpa obat adalah dengan olahraga jogging atau jalan cepat. Mulailah dengan berjalan santai di sekitar rumah Anda, lalu berjalan lebih jauh atau melakukan lari kecil.

Selain itu, rutin jalan cepat atau jogging juga membantu menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jalan cepat juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang turut membantu menurunkan risiko berbagai jenis kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tunuh.

2. Bersepeda

Cara kedua menurunkan kolesterol tanpa obat adalah dengan olahraga bersepeda. Bersepeda dapat membakar kalori sebanyak jogging. Agar hasilnya maksimal, gunakan sepeda berukuran tepat dan nyaman.

Bersepeda juga memperkuat otot jantung , menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak darah. Penelitian juga menunjukkan orang yang rutin bersepeda ke tempat kerja terpapar polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit daripada mereka yang menggunakan mobil sehingga fungsi paru-paru mereka meningkat.

Riset dari Denmark yang meneliti 30.000 orang berusia 20 hingga 93 tahun juga membuktikan bersepeda secara teratur melindungi kita dari penyakit jantung.

3. Berenang

Cara ketiga menurunkan kolesterol tanpa obat adalah dengan olahraga berenang. Berenang dapat mengatasi masalah kolesterol Anda dengan efektif.

Menurut pakar jantung Erik Van Iterson, berenang bisa dilakukan dengan aman jika Anda memiliki kondisi jantung yang stabil dan sedang memikirkan rehabilitasi jantung. Tak hanya menjaga kesehatan Jantung, Van Iterson mengatakan berenang juga bisa menjadi alternatif olahraga yang mudah dan ringan bagi penderita radang sendi dan mereka yang baru mencoba rutin berolahraga.

4. Yoga

Cara keempat menurunkan kolesterol tanpa obat adalah dengan olahraga yoga. Yoga juga ampuh turunkan kolestrol yang memicu penyakit jantung karena jenis olahraga ini mampu menyeimbangkan detak jantung.

Yoga juga memiliki manfaat berikut:

  • Meningkatkan fleksibilitas
  • Memperkuat otot fisik dan mental Anda
  • Meningkatkan kualitas tidur, yang mengarah pada perbaikan kebiasaan gaya hidup lainnya.

“Latihan yoga tidak terlalu menakutkan dibandingkan dengan latihan lain, terutama jika Anda belum pernah berolahraga secara teratur,” kata Cho.

Itulah beragam cara menurunkan kolesterol tanpa obat dengan olahraga. Jangan lupa, ubah juga pola makan untuk menurunkan kolesterol jahat tanpa obat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Jenis Olahraga Untuk Turunkan Kolesterol",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Selanjutnya: 11 Cara alami menurunkan kolesterol jahat, tanpa konsumsi obat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×