kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,20   -2,73   -0.28%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tabel Normal Asam Urat Wanita & Pria, Cek Cara Makan Telur yang Aman untuk Asam Urat


Senin, 02 Oktober 2023 / 06:00 WIB
Tabel Normal Asam Urat Wanita & Pria, Cek Cara Makan Telur yang Aman untuk Asam Urat
ILUSTRASI. Tabel Normal Asam Urat Wanita & Pria, Cek Cara Makan Telur yang Aman untuk Asam Urat


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Tabel Normal Asam Urat Wanita & Pria - JAKARTA. Catat tabel normal asam urat wanita dan pria? Kenali juga cara makan telur yang aman untuk penderita asam urat.

Tabel normal asam urat penting diketahui wanita dan pria. Mengingat, banyak pria dan wanita mengalami asam urat yang melebihi batas normal.

Dengan mengetahui tabel normal asam urat wanita dan pria, setiap orang bisa melakukan pencegahan. Makanan tinggi purin penyebab asam urat bisa segera dibatasi juga asam urat sudah di atas normal.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Baca Juga: Apa Itu Asam Urat dan Penyebabnya? Berikut Obat Alami Asam Urat Di Tumit

Berikut tabel normal asam urat wanita dan pria menurut Kementerian Kesehatan

No Jenis kelamin & kelompok usia Asam urat normal
1. Anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL
2 Laki-laki dewasa 3,4 – 7,0 mg/dL
3 Wanita dewasa 2,4 – 6,0 mg/dL

Baca Juga: Mencegah & Mengobati Asam Urat, Hindari Pantangan Makanan & Minuman Asam Urat Berikut

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Bolehkan penderita asam urat makan telur?

Penderita asam urat harus selektif dalam konsumsi makanan. Pasalnya, sejumlah makanan bisa menyebabkan asam urat tinggi.

Makanan penyebab asam urat adalah makanan tinggi purin. Makanan penyebab asam urat itu antara lain daging, jeroan, seafood, dll.

Apakah telur termasuk makanan tinggi purin? Bolehkan penderita asam urat makan telur?

Diberitakan Kompas.com, penderita gout masih diperbolehkan mengonsumsi telur dalam menu hariannya. Dikutip dari Verywell Health, telur merupakan salah satu makanan yang aman dan baik bagi penderita asam urat.

Menurut sebuah studi pada 2019, telur, susu, dan buah-buahan memiliki jumlah purin terendah, sehingga aman dijadikan menu bagi penderita asam urat. Selain itu, telur adalah sumber protein lengkap yang berarti mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh manusia.

Telur juga memiliki kandungan lemak, vitamin dan mineral penting seperti kalium, fosfor, kalsium, vitamin A, dan vitamin D. Vitamin D yang terkandung pada telur memiliki manfaat untuk menyerap kalsium dan fosfor, sejumlah studi menunjukkan khasiatnya mengurangi keluhan nyeri sendi, sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Akan tetapi jika Anda memiliki alergi, Anda sebaiknya menghindari telur utuh atau makanan yang dimasak dengan mencampurkan telur ke dalamnya. Alergi telur bisa ditunjukkan dengan gangguan kesehatan, sepeti mual muntah, sakit perut, atau gatal-gatal intens setelah mengonsumsi makanan ini.

Jika Anda alergi telur ayam, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi apakah boleh mengonsumsi telur bebek, angsa, atau burung puyuh sebagai menu harian.

Cara mengolah telur untuk dimakan penderita asam urat?

Anda dapat mengolah telur dengan cara direbus, dikukus atau ditumis. Hindari menggoreng telur karena bisa menaikkan kadar kolesterol pada makanan ini. Kemudian Anda dapat memadukan telur untuk penderita asam urat dengan makanan rendah purin lainnya, seperti:

  • Produk susu rendah lemak (susu, keju, yogurt)
  • Buah ceri
  • Kentang
  • Sayuran hijau
  • Roti
  • Makanan mengandung lemak sehat, seperti minyak zaitun dan alpukat
  • Kacang-kacangan

Telur dapat dijadikan menu makanan penderita asam urat karena rendah purin dan mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, Anda perlu mengolah telur dengan benar yaitu menghindari menggoreng karena bisa menambah kandungan kolesterolnya.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan memadukan telur dengan makanan tinggi purin, seperti daging-dagingan atau menumisnya dengan udang dan kerang. Batas konsumsi telur tiap penderita asam urat mungkin berbeda-beda, karena itu Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui porsi makan telur yang tepat.

Itulah tabel normal asam urat wanita dan pria serta anak-anak. Jaga pola makan Anda untuk mencegah peningkatan asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×