Susah Tidur di Malam Hari? Simak 5 Cara Mengatasi Insomnia Ini

Selasa, 08 Maret 2022 | 09:18 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Susah Tidur di Malam Hari? Simak 5 Cara Mengatasi Insomnia Ini

ILUSTRASI. Insomnia.


KONTAN.CO.ID - Masalah susah tidur di malam hari atau insomnia adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele. Sebetulnya, terdapat beberapa cara mengatasi insomnia salah satunya dengan yoga atau berbagai relaksasi lainnya.

Penderita insomnia biasanya kesulitan untuk tidur dan badan agar terasa lelah di pagi hari. Jika hal tersebut dibiarkan akan berbaha bagi kesehatan tubuh Anda. 

Untuk itu, segeralah pergi ke dokter jika Anda mengalami insomnia sebelum timbul masalah kesehatan lain. Apalagi jika Anda mengalami insomnia selama berminggu-minggu risiko munculnya penyakit serius akan menjadi lebih besar. 

Baca Juga: 9 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan, Baik Untuk Mata dan Kulit

Melansir dari Healthline, ada beberapa cara mengatasi insomnia sebelum menimbulkan berbagai risiko penyakit serius. Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini: 

1. Mengkonsumsi Magnesium

Cara mengatasi insomnia adalah dengan mengkonsumsi magnesium. Pasalnya, magnesium mampu mengurangi stres dan membuat otot-otot rileks, hal tersebut dapat membuat badan cepat mengantuk. 

Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi magnesium karena ditakutkan akan menimbulkan efek samping tertentu. 

2. Hindari Konsumsi Kafein 

Menghindari konsumsi kafein merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi insomnia. Pasalnya, kafein dapat menyulitkan Anda merasa ngantuk dan tidur jika mengkonsumsinya terlalu banyak. 

3. Olahraga 

Cara selanjutnya mengatasi insomnia juga dapat dilakukan dengan berolahraga. Selain dapat membuat tidur nyenyak di malam hari, olahraga juga baik untuk kesehatan, bisa meningkatkan mood, menambah energi dan menurunkan berat badan. 

Cobalah untuk berolahraga setidaknya 20 menit sehari agar sistem imun tubuh baik. 

Baca Juga: Ketahui 5 Penyebab Telat Menstruasi yang Perlu Diwaspadai

4. Yoga

Jika sebelumnya olahraga secara umum, cara mengatasi insomnia selanjutnya bisa dengan melakukan yoga. Yoga merupakan olahraga relaksasi yang mampu mengatasi insomnia.

Selain itu, yoga juga dipercaya dapat menghilangkan stres dan meningkatkan fokus.

5. Minyak Lavender 

Cara terakhir Anda bisa mengatasi insomnia dengan menggunakan minyak lavender. Hal tersebut dikarenakan minyak lavender mampu membuat rileks dan mengurangi tingkat kecemasan seseorang. 

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi teh lavender karena memberikan efek yang sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru