Kesehatan Umum

Suka Berjemur Saat PPKM? Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Berjemur, Ya

Minggu, 18 Juli 2021 | 14:00 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Suka Berjemur Saat PPKM? Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Berjemur, Ya

KONTAN.CO.ID - Berjemur menjadi rutinitas langganan saat pandemic Covid-19 saat ini. Aktivitas berjemur sangatlah disarankan bagi penderita Covid-19. Walau begitu, semua masyarakat juga disarankan untuk membiasakan diri untuk berjemur karena manfaatnya yang besar.

Berjemur dengan tujuan untuk membentuk vitamin D adalah kunci utama yang harus dilakukan terutama bagi penderita Covid-19. Tetapi, banyak juga masyarakat yang hingga saat ini masih menerapkan gaya hidup ini untuk menambah vitamin D di dalam tubuh.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar kegiatan berjemur Anda menjadi semakin maksimal.

Baca Juga: Simak data terbaru jumlah pelamar CPNS 2021, 2 instansi masih 0 pelamar

Perhatikan UV Index

Badan Meteorologi,Klimatologi, dan Geofisika, atau BMKG menerangkan bahwa UV indeks adalah angka tanpa satuan yang digunakan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar ultraviolet. Terbagi menjadi 5 tingkat, yaitu low, moderate, high, very high, dan extreme, tingkatan ini adalah yang harus Anda perhatikan sebelum berjemur.

Berdasarkan tingkatannya, UV index paling aman untuk Anda dapat melakukan aktifitas berjemur adalah 2-3. Jadi sebelum mulai berjemur, ada baiknya untuk mengecek dulu UV index di daerah tempat tinggal Anda ya. UV index daerah Anda dapat Anda pantau melalui smartphone.

Perhatikan Jam 

BMKG pun menjelaskan bahwa sinar matahari memiliki UV A, UV B, dan UV C. Nah, yang memiliki peran untuk membentuk vitamin D pada tubuh adalah UV B. 

Baca Juga: Tata cara isolasi mandiri di rumah yang benar bagi pasien Covid-19

UV A pada sinar matahari memiliki intensitas tinggi sepanjang hari. Sedangkan UV B pada sinar matahari memiliki intensitas tertinggi pada jam 10 pagi hingga 3 sore. Maka dari itu, berjemur di antara jam 9 hingga 10 pagi selama kurang lebih 15 menit masih tetap menjadi anjuran.

Gunakan Sunscreen
Sunscreen merupakan skincare wajib yang harus digunakan sebelum Anda berjemur. Tak peduli Anda pria atau wanita, sebaiknya sunscreen digunakan pada bagian wajah dan leher sebelum berjemur. Sunscreen sendiri berguna untuk melindungi kulit Anda dari paparan radiasi sinar UV dan resiko terbakar. 

Berjemur tidak melulu harus terkena wajah. Bagian penting lainnya seperti tangan, kaki, dan punggung juga harus diusahakan untuk terkena sinar matahari. 

Nah, jika sudah tau hal-hal tersebut maka kegiatan berjemur Anda akan lebih maksimal, bukan. 

Selanjutnya: Gua Sha, Beauty Tools Viral Bantu Tiruskan Wajah

 

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru