Suka Begadang? Waspada 4 Bahaya Begadang Untuk Kesehatan

Sabtu, 03 September 2022 | 09:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Suka Begadang? Waspada 4 Bahaya Begadang Untuk Kesehatan


KONTAN.CO.ID - Bagi Anda yang suka begadang kini harus sedikit waspada. Pasalnya, begadang mempunyai efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Salah satu efek samping dari begadang biasanya Anda sering menguap di siang hari karena mengantuk serta tubuh juga akan terasa lebih lelah. Bahkan tidak hanya itu, begadang juga bahaya bagi kesehatan mental juga loh. 

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup dengan rata-rata 7-9 jam tergantung aktivitas yang dilakukan. Oleh sebab itu, jika Anda keseringan begadang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Persebaya Surabaya vs Bali United: Live Streaming, Jam Tayang dan Jadwal BRI Liga 1

Saat tidur semua organ tubuh beristirahat dan memperbaiki serta menambah energi untuk esok harinya. Bayangkan jika begadang proses tersebut tidak dilakukan oleh tubuh. Otomatis akan mempengaruhi aktivitas harian Anda jika begadang terlalu sering. 

Lantas apa saja bahaya begadang bagi kesehatan?

Melansir dari Health, berikut beberapa bahaya begadang bagi kesehatan yang perlu diwaspadai:

1. Berat Badan Bertambah

Salah satu bahaya begadang yang perlu diwaspadai adalah berat badan bertambah. Pasalnya, bertambahnya berat badan disebabkan saat begadang perut cenderung merasa lapar sehingga makanan yang dikonsumsi akan bertambah pula. 

Selain itu, tidak menutup kemungkinan begadang juga dapat menimbulkan obesitas. Hal tersebut tentu berbahaya karena dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit berbahaya lainnya. 

2. Kualitas Tidur Berkurang

Tubuh biasanya beristirahat saat tidur. Jika Anda terlalu sering begadang, hal tersebut akan berdampak buruk terhadap kualitas tidur Anda. Hal tersebut tentu bahaya bagi kesehatan karena tubuh kurang istirahat yang disebabkan oleh kualitas tidur yang berkurang.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut, Coba Gunakan Bahan Alami Ini

3. Mengganggu Aktivitas Harian

Bahaya begadang yang tidak boleh terlewatkan adalah dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Pasalnya, begadang akan membuat tubuh terasa cepat lelah dan rasa ngantuk. Hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas dan performa harian.

Selain itu, begadang juga membuat imunitas tubuh berkurang serta sulit untuk berkonsentrasi.

4. Memicu Depresi

Bahaya begadang yang perlu diwaspadai selanjutnya yaitu dapat memicu depresi. Kurang tidur akibat begadang dapat membuat mood atau perasaan seseorang cenderung memburuk. Bahkan, jika dibiarkan hal tersebut dapat memicu depresi dan kesehatan mental lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru