kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah Tahu 5 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan Tubuh? Yuk Simak


Senin, 30 Januari 2023 / 10:58 WIB
Sudah Tahu 5 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan Tubuh? Yuk Simak
ILUSTRASI. Manfaat melinjo untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat melinjo untuk kesehatan nampaknya tidak sepopuler rasa pahitnya yang khas. Meski demikian, manfaat melinjo untuk kesehatan tak perlu diragukan.

Manfaat melinjo untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam melinjo. Kandungan nutrisi dalam melinjo di antaranya vitamin A, protein, serat, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, antioksidan dan lain-lain.

Selain mempunyai banyak manfaat, melinjo yang identik dengan rasa yang pahit tersebut juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya sayur asem.

Baca Juga: Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Lantas apa saja manfaat melinjo untuk kesehatan? 

Melansir dari Health Benefit Times, berikut beberapa manfaat melinjo untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Salah satu manfaat melinjo untuk kesehatan di antaranya mampu meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan senyawa dalam melinjo juga mampu mempromosikan transmisi impuls listrik yang efisien dalam tubuh dan juga mempercepat kognisi.

Baca Juga: Yuk Catat 5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Membantu Pertumbuhan

Selain itu, melinjo juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan. Selain itu, kandungan mineral dalam melinjo juga membantu mencegah sistem kerangka, kardiovaskular dan saraf.

3. Mengatur Suhu Tubuh

Melinjo juga mengandung zat besi yang berperan penting untum mengatur suhu tubuh. Sehingga mengkonsumsi melinjo mampu mengatur suhu dan metabolisme tubuh dalah suhu dan lingkungan tertentu menjadi lebih efisien.

Baca Juga: Mampu Mencegah Obesitas, Kenali 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat melinjo berikutnya tak lain adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dikarenakan melinjo mengandung cukup banyak seng yang baik untuk kesehatan kulit. 

Kandungan seng dalam melinjo berperan aktif untuk mengobati jerawat, bisul sariawan dan menghilangkan luka bakar. Selain itu, melinjo juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit.

Baca Juga: Selain Meredakan Sakit Haid, Kenali 5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

5. Mencegah Stroke

Manfaat melinjo untuk kesehatan yang terakhir adalah mampu mencegah penyakit stroke. Pasalnya, melinjo mengandung kalium, potasium yang penting untuk fungsi otak dan mengangkut oksigen ke otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif dan aktivitas saraf.

Sehingga mengkonsumsi melinjo mampu melancarkan aliran di pembuluh darah dan mengurangi kemungkinan pecah ataupun gumpulan yang menjadi penyebab stroke. 

Demikian beberapa manfaat melinjo untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×