kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Subur! Simak 7 Tips Meningkatkan Kualitas Sperma Laki-Laki


Jumat, 15 Juli 2022 / 07:53 WIB
Subur! Simak 7 Tips Meningkatkan Kualitas Sperma Laki-Laki
ILUSTRASI. Tips meningkatkan kualitas sperma.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Kualitas sperma adalah hal yang penting untuk diperhatikan jika Anda ingin segera mempunyai buah hati. Ada beberapa tips meningkatkan kualitas sperma yang perlu Anda ketahui.

Salah satu tips yang paling umum harus dilakukan adalah menjalankan gaya hidup sehat dan mengurangi hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan. 

Pasalnya, tubuh yang sehat akan menghasilkan kualitas sperma yang sehat pula begitupun sebaliknya. Tidak sedikit para laki-laki yang mengalami masalah kesuburan akibat kualitas sperma yang kurang baik.

Baca Juga: Jadwal Final Piala Presiden Leg 2 Borneo FC VS Arema FC, Catat!

Melansir Aspire Fertility, terdapat beberapa tips meningkatkan kualitas sperma laki-laki agar dapat menjadi lebih subuh serta meningkatkan potensi kehamilan. 

Konsumsi Makan Sehat

Cobalah untuk menghindari junk food yang sarat dengan lemak, gula, dan pengawet untuk meningkatkan kualitas sperma Anda. Untuk membuat sperma Anda lebih kuat, Anda harus mencoba makan makanan yang sehat dan seimbang yang mengandung banyak nutrisi dan protein. 

Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan cara yang bijak untuk meningkatkan kualitas sperma. Pasalnya, Merokok menurunkan jumlah sperma dan mengurangi mobilitasnya. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tembakau dapat memengaruhi DNA dalam sperma dan meningkatkan risiko infertilitas dan meningkatkan risiko keguguran bagi pasangan Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Download Reels Instagram Gratis Melalui SnapInsta, Gratis Juga Lo

Olahraga 

Cobalah untuk menemukan rutinitas yang dapat Anda pertahankan karena akan meningkatkan kualitas sperma Anda, salah satunya olahraga. Saat Anda berolahraga, Anda melepaskan testosteron yang membantu produksi sperma. 

Batasi Alkohol dan Kafein

Batasi asupan alkohol adalah hal yang cerdas untuk meningkatkan kualitas sperma. Hal tersebut dikarenkana dapat menyebabkan penurunan produksi sperma dan telah dikaitkan dengan kelainan sperma. 

Minum kafein dapat mengurangi konsentrasi sperma dan jumlah sperma juga. Para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 300 miligram kafein sehari, yang setara dengan sekitar tiga porsi enam ons.

Baca Juga: 5 Obat Asma Alami yang Ampuh dan Bisa Jadi Alternatif, Mau Coba?

Menjaga Suhu Tetap Dingin

Cara meningkatkan kualitas sperma lainnya adalah usahakan menjaga suhu tubuh tetap dingin. Pasalnya, Testis perlu tetap dingin karena produksi sperma terjadi pada suhu yang sangat spesifik. 

Aktivitas apa pun yang menyebabkan panas berlebih dapat menurunkan produksi sperma. Contohnya, menghindari bak mandi air panas lebih dari dua kali seminggu selama lebih dari 15 menit setiap kali. Memegang laptop di pangkuan Dan memakai celana ketat juga dapat menurunkan kualitas sperma karena suhu menjadi lebih panas. 

Jangan Stres

Kualitas dan jumlah sperma Anda mungkin rendah jika Anda selalu bekerja dua belas jam sehari tanpa istirahat. Stres dapat menurunkan fungsi seksual dan produksi sperma. 

Oleh karena itu, cobalah untuk bersantai dan menenangkan pikiran agar kualitas sperma bisa meningkat.

Baca Juga: 5 Penyebab Sesak Napas yang Perlu Anda Waspadai, Hati-Hati!

Menghindari Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Testosteron

Cara meningkatkan kualitas sperma selanjutnya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang bisa meningkatkan hormon testosteron. Pasalnya, dapat menurunkan kualitas kesuburan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×